PLN Dekai Sewa Longboat untuk Pasok Solar ke Dekai

0
606

DEKAI, SUARAPAPUA.com— PLN Dekai, Yahukimo, Papua sewa longboat dengan harga 20 juta untuk angkut solar lewat sungai ke Yahukimo, Papua. 

Faisal Firman Asisten Analisis Perusahaan Analisis Negara (PLN) Dekai Yahukimo kepada suarapapua.com pada hari Senin, (05/11/2018)  menjelaskan, pihaknya sewa longboat dengan harga 20 juta untuk mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar untuk keperluan listrik di Kota Dekai.

“Masyarakat tau, kalau sewa longboat dari dermaga Logpon ke suator itu Rp. 20 juta hanya untuk angkut 5 ton. Jadi rekanan kami juga batas kemampuan, sebab rekanan kami MoU dengan pemda Yahukimo hanya jasa perantara dari PLN Timika sampai PLN Yahukimo,“ jelasnya.

Menurut atasan PLN, kondisi sekarang ini forsmair sehingga masyarakat juga bisa mengerti kondisi sekarang ini. Sebab kondisi sekarang tidak seperti Palu dan Donggala. Kondisi internal, jika kapal buru-buru berangkat dari Timika menuju Dekai kapasitas tangki timbunnya belum siap dan jika terlambat datang maka pihak PLN kewalahan untuk menampung.

Baca Juga: Setelah Dua Minggu Langka, BBM di Dekai Disalurkan

Sementara itu, di saat yang sama, ada MoU Bupati dan pihak PLN menyangkut penyelesaian sengketa lahan yang belum diselesaikan.

“Seandainya MoU itu sudah direlesasikan oleh Pemda Yahukimo, maka itu memperlancar pihak PLN untuk melayani masyarakat 24  jam,“ jelasnya.

Setelah kendala ini disampaikan kepada pihak bupati, bupti dengan dalam keadaan darurat, bupati instruksikan ke pihak Disperidagkop bidang kelistrikan dan dengan  jangka waktu yang singkat bergerak ke kampung Kerikil dan pihak disperindagkop dengan teknis menyewa longboat milik Cahaya Yahukimo untuk melakukan langsir dan semenjak tanggal 24 oktober sudah menyala 24 jam.

Faisal juga menghimbau agar masyarakat tidak kaget sebab kejadian seperti ini (Pemadaman Bergilir) akan terulang kembali pada akhir bulan November dan bulan desember.

Sementara itu, pelayanan BBM di APMS Kaluku Mas terus dilakukan. Setelah hari Jumat minggu lalu dilayani, hari ini pun dilayani dengan penambahan stok premium.

“Hari ini kami layani hingga siang. Mengenai kapal besok akan naik dan sandar di pelabuhan logbon,“ kata Deky Rumpaisum, salah satu karyawan APMS Kaluku Mas Dekai.

Menurutnya, meskipun stok premium sudah ada namun pelayanan yang dilakukan tetap menggunakan sesuai dengan tengki kendaraan dan tidak melayani menggunakan jerigen.

“Nanti kapal naik sandar di dermaga logbon dan tiga kapal lagi naik baru kami layani dengan jerigen seperti biasa,“ lanjutnya.

Dari pantauan suarapapua.com ke APMS dan data yang diterima media jumlah kendaraan yang dilayani sebanyak 695 kendaraan. dengan masing-masing roda dua 600 buah dan roda empat 95 buah dan stok premium yang dilayani dini hari sebanyak 8 ton.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor    : Arnold Belau

print