153 Anggota Panwas Kampung di Yahukimo Dilantik

0
21848

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Sebanyak 153 anggota Panwas dari 51 kelurahan dan kampung yang masing-masing 3 orang mendapatkan bimbingan teknis dan dilantik Badan Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Yahukimo.  Kegiatan itu dilaksanakan di aula Otto Kobak Mission Center Dekai, Yahukimo, Jumat (16/11/2018).

Ketua Bawaslu Kabupaten Yahukimo, Sepius Mirin, mengatakan, pelantikan anggota Panwas kampung dan kelurahan ini diawali dengan bimbingan teknis pada tanggal 15 dan 16 November 2018.

“Jadi, awalnya kami berikan bimbingan dulu, dan kami lakukan pelantikan,” kata Mirin kepada suarapapua.com.

Baca Juga:  Hilang 17 Hari, Anggota Panwaslu Mimika Timur Jauh Ditemukan di Potowaiburu

Ia berharap, setelah pelantikan Panwaslu distrik dan kampung menjalankan tugas dengan baik demi menghadirkan pemimpin-pemimpin yang berkualitas untuk Papua dan khususnya Yahukimo.

Sepius juga berharap, ketua KPU Yahukimo yang masih di luar daerah untuk segera kembali dan melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tugas-tugas KPU dalam rangka Pemilu 2019.

ads

“Proses dan tahapan sudah jalan dan kegiatan KPU tidak lakukan di Yahukimo. Kami sangat menyesal dengan kinerja KPU saat ini, sehingga kami menyarankan supaya KPU secepatnya kembali ke Yahukimo. Daerah kami di sini, jadi tolong menghargai daerah ini dan membangun daerah ini. Kami ditugaskan di sini untuk bekerja,” tegasnya.

Baca Juga:  KPU Lanny Jaya Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara

Di tempat yang sama, koodinator Bidang SDM dan Organisasi, Johny Hesegem mengakui, kegiatan bimtek dan pelantikan Panwas ini dilakukan berdasarkan pemberitahuan dari Bawaslu Provinsi Papua untuk segera melakukan evaluasi dan pembentukan PPL di tingkat kelurahan dan kampung.

“Tahapannya kami sudah lewati dari hari Kamis, mulai dari evaluasi dan sekarang kami masuk dengan pembentukan dan pelantikan,” jelas Hesegem.

Baca Juga:  Pilot Philip Mehrtens Akan Dibebaskan TPNPB Setelah Disandera Setahun

Hesegem berharap, para anggota Panwas distrik maupun kampung dan kelurahan setelah mengikuti bimtek sudah mendapatkan penguatan dari segi kapasitas untuk menjalankan tugas mengawal seluruh tahapan Pemilu 2019.

Acara pelantikan dihadiri Kapolres Yahukimo dan Kepala Distrik Dekai.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaMahasiswa Yahukimo di Bali Tempati Kontrakan Setelah Dilunasi Pemda
Artikel berikutnyaPemuda 17 Kampung di Pantim Ramaikan Turnamen Futsal dan Voli