Pemuda 17 Kampung di Pantim Ramaikan Turnamen Futsal dan Voli

0
10074

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Menggali potensi anak muda di bidang olahraga, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Paniai menggelar pertandingan bola voli putra-putri dan futsal putra antar kampung khususnya kampung yang ada di wilayah distrik Paniai Timur.

Dua jenis pertandingan dimainkan selama dua hari (15-16/11/2018) di lapangan Karel Gobai, Enarotali, Paniai.

“Pesertanya dari 17 kampung yang ada di distrik Paniai Timur. Distrik lain tidak. Karena itu kembali ke kesepakatan kampung-kampung di distrik masing-masing mau adakan kegiatan olahraga atau tidak,” kata ketua panitia pertandingan, Nataniel Kayame, yang juga pendamping distrik di distrik Paniai Timur, usai turnamen ditutup, Jumat (16/11/2018) di Enarotali.

Baca Juga:  Komite Keselamatan Jurnalis Papua Barat dan PBD Resmi Terbentuk

Pelaksanaan kegiatan tersebut, menurut dia, dananya bersumber dari dana desa (DD) Tahun Anggaran 2018.

“Ini pertandingan kedua. Yang pertama tahun lalu (2017). Saya lihat tingginya antusias masyarakat ikut turnamen yang sudah dua kali berturut-turut kami adakan ini,” katanya kepada suarapapua.com.

ads

Ia menjelaskan tujuannya, selain sarana hiburan dan pererat tali kekeluargaan antar kampung, juga untuk mengembangkan potensi anak-anak muda dalam dunia olahraga.

“Ya, dimulai dari kampung supaya kedepannya bisa main di event besar mewakili daerah ini di luar. Ini harapan kami,” kata Kayame.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

Mitra, koordinator umum pertandingan, menambahkan, jenis olahraga yang ditandingkan sesuai minat warga setempat.

“Memang terlihat sangat seru. Semua jago main. Masyarakat di kampung masing-masing juga sangat mendukung timnya,” ucap Mitra.

Hanya saja, kata Mitra, waktu pelaksanaannya dua hari dengan jadwal yang padat. Tetapi, ia mengaku sangat senang karena kegiatan telah berlangsung lancar dan tertib.

“Semua bisa begitu karena masyarakat cinta olahraga. Saya acungi jempol buat masyarakat ini,” imbuhnya.

Pius Gobai, kepala distrik Paniai Timur, menutup turnamen di lapangan Karel Gobai, Enarotali. (Stevanus Yogi – SP)

Pius Gobai, kepala distrik Paniai Timur, dalam sambutannya sebelum menutup pertandingan tersebut, mengungkapkan rasa bangga atas suksesnya dua kegiatan yang telah dimeriahkan. Atas kesuksesan itu, ia berharap ada penambahan jenis lomba lain pada tahun mendatang.

Baca Juga:  Semua Pihak di Intan Jaya Sepakat Tolak Eksploitasi Blok Wabu dan Hentikan Pembangunan Patung Yesus

“Olahraga tetap, saya harap tahun depan DPMK dan pendamping distrik bisa tambah lagi lomba seni, vokal group dan lain-lain. Ini supaya semua bakat yang dimiliki masyarakat dapat tersalur dengan baik,” harap Pius.

Pembagian hadiah kepada para pemenang voli putra, voli putri dan futsal putra mengakhiri rangkaian pertandingan selama dua hari. Adapun hadiah yang diberikan berkisar antara Rp2juta bagi peraih juara satu dengan piala, hingga uang pembinaan Rp750 ribu untuk juara empat.

Pewarta: Stevanus Yogi

Artikel sebelumnya153 Anggota Panwas Kampung di Yahukimo Dilantik
Artikel berikutnyaJelang Pelantikan, AGW Gelar Silaturahmi