Peringati 1 Desember, Puluhan Aktivis Ditangkap di Jayapura

0
3937
Massa aksi saat long march ke Abepura di Padang Bulan, pada 1 Desember 2018. (Dok SP)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Puluhan aktivis pro papua merdeka ditangkap di Kota Jayapura saat melakukan aksi memperingati 1 Desember sebagai hari bersejarah orang papua di mana pada 1 Desember 1961 menjadi momentum lahirnya embrio negara Papua Barat.

Belasan aktivis ini ditangkap di beberapa tempat berbeda. Sebanyak delapan aktivis mahasiswa ditangkap aparat kepolisian dari polsek Abepura. Belasan aktivis ditangkap di depan lapangan Trikora saat long march ke Abepura, empat orang ditangkap di asrama Tunas Harapan dan beberapa lainnya ditangkap di Dok 9.

Eman Gobay, pendamping hukum dari LBH Papua kepada media ini mengatakan, delapan orang ditangkap di Abepura. Beberapa orang lain ditangkap di dok 9 dan belasan lainnya ditangkap dari Padang Bulan saat long march menuju ke Abe.

“Saat ini semuanya sudah dibawah ke Polres Kota Jayapura,” katanya.

Eman mengungkapkan,  lima orang ditangkap di Dok 9. Lima orang tersebut sudah diangkut dan saat diamankan di kantor KP3 Lalut, Pelabuhan Port Numbay, Jayapura.

Dari informasi yang berhasil dihimpun media ini, 17 orang di tangkap di Tauboria, Padang Bulan, 4 orang di asrama Tunas Harapan Padang Bulan, dan 8 orang ditangkap di Lingkaran, Abepura. Ada sejumlah aktivis juga yang ditangkap di Dok 9, Jayapura Utara.

Sampai berita ini diturunkan, media ini belum melakukan konfirmasi ke pihak kepolisian di Polres Kota Jayapura.

Pewarta: Arnold Belau