KNPI Papua akan Rekrut Ribuan Relawan PON XX 2018

0
8575

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Menjelang PON Ke XX tahun yang akan terlaksana pada tahun 2020, mendatang Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua akan mendeklarasikan Relawan Pekan Olaraga Nasional (PON) di lima wilayah adat Provinsi Papua.

Albertho G. Wanimbo, mengatakan pihaknya akan merekrut 6000-8000 relawan di lima wilayah adat di Provinsi Papua untuk mengkawal dan sukseskan PON.

“Jadi kami akan rekrut relawan PON di lima wilayah adat, maka kalau wilayah adat Saireri nanti di biak,  Ha Anim di Merauke, Meepago di Timika, Lapago di Wamena dan Mamta di Jayapura,” kata Albert di salah satu Hotel di Jayapura, Selasa, (4/12/2018).

Albert Wanimbo mengatakan, model perekrutan di daerah akan disiasiti dengan kegiatan kegiatan yang membangkitkan semangat Pemuda pemudi di lima wilayah adat. Supaya PON berlangsung di wilaya adat Saireri kita tidak boleh drop tenaga dari Jayapura, cukup mereka yang akan disiapkan di daerah masing-masing.

- Iklan -

“Dalam perekrutan itu kami akan melakukan road show macam fashion show, konser musik, tarian lokal dan modern. Kami akan stay selama lima hari di daerah  tersebut. Kami akan merangkul pemuda untuk mengikuti kegiatan dimaksudkan. Karena  dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh gubernur Papua, Ketua DPR Papua dan pengurus besar PON,” katanya.

Wanimbo mengatakan, pihaknya juga akan melakukan kampanye kampanye PON 20 Tahun 2020 di secara masif di daerah daerah tersebut.

“Kami akan menggunakan media mainstream, dan media sosial untuk mengampanyekan terselenggaranya PON 20 Tahun 2020 di Bumi cenderawasih sekaligus menlanuching website resmi KNPI Papua ,” katanya.

Lanjut Albert, dalam acara ini akan dikemas dengan berbagai event saat Opening Seremonial dan Closing Seremonial pada saat PON berlangsung. Panitia juga akan menyiapkan Paduan Suara raksasa.

“Ajang ini kami akan rekrut para pemusik, penari, Putra Putri Papua, akan menjadi duta-duta PON, juru parkir, relawan kebersihan, relawan kesehatan,  relawan video maker, relawan photography, relawan satgas PON di sana ada TNI/POLRI, pemuda Papua, Tim dari Pemerintah Pusat, BSO KNPI, seniman yang menyiapkan sovenir PON, seperti Noken, anting-anting, kalung, gelang, dsb. Aksesoris ini akan kita berikan kepada Tamu-tamu kita,” katanya.

Lebih lanjut Wanimbo mengatakan, perekrutan Ini akan dilaksanakan selama dua bulan selanjutnya akan diisi dengan latihan-latihan.

“Kegiatan ini akan mulai pada bulan Maret-Juli. Dan waktu selanjutnya kami akan gunakan untuk latihan latihan persiapan menuju PON 20 Tahun 2020,”katanya.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Arnold Belau

Print Friendly, PDF & Email