Uskup New Zealand dan Polynesia: Kami Berdiri Bersama Saudara-Saudari Kami West Papua

4
22953

NEW ZEALAND, SUARAPAPUA.com — Para Uskup di New Zealand dan Polynesia dari gereja Anglikan mengungkapkan kekecewaannya yang mendalam atas keberlanjutannya penindasan Pemerintah Indonesia terhadap hak asasi orang West Papua.

“Kami berdiri bersama saudara dan saudari kami di West Papua dalam perjuangan hak untuk menentukan nasib politik mereka sendiri, dan kami berdoa agar Pemerintah Indonesia akan menghentikan semua penyalahgunaan dan pelanggaran hak asasi manusia yang didukung negara,” tulis release yang dikeluarkan Kantor Pusat Bishop gereja Anglikan Aotearoa di New Zealand dan Polynesia pada tanggal 14 Desember 2018.

Kantor Pusat para Bishop gereja Anglikan di Aotearoa di New Zealand dan Polynesia juga menyeruhkan kepada setiap pemerintah yang terwakili dalam yuridksi untuk segera menyatakan dukungannya bagi rakyat West Papua dalam ganti rugi ketidakadilan sejarah orang West Papua.

“Kami mendesak pemerintah kami untuk terus menarik perhatian pada kekerasan etnis berkelanjutan dan penolakan yang terus-menerus oleh Pemerintah Indonesia dari hak penentuan nasib sendiri rakyat, dan penyalahgunaan sumber daya alam mereka oleh perusahaan asing. Kami juga memuji para pemimpin politik negara-negara Kepulauan Pasifik, seperti Vanuatu, Republik Kepulauan Marshall, dan Tuvalu, yang terus menarik perhatian internasional terhadap penderitaan rakyat West Papua.”

Pada bulan Maret tahun ini katanya, para pemimpin provinsi Anglikan di Australia; Aotearoa, Selandia Baru, dan Polinesia; Melanesia dan Papua New Guinea berkumpul di Fiji sebagai Anglikan Oceania – dan tahun ini mereka bergabung dengan Archbishop of Canterbury, Justin Welby. Para pemimpin mendengarkan cerita mengerikan tentang pelanggaran hak asasi manusia di West Papua. Pada pertemuan tahun lalu, para pemimpin Anglikan Oceania digerakkan oleh semangat Uskup Agung Papua Nugini, Clyde Igara, yang menyatakan:

ads
Baca Juga:  Berlakukan Operasi Habema, ULMWP: Militerisme di Papua Barat Bukan Solusi

“Saya West Papua, saya orang Papua ”[2] – dengan demikian mengakui persatuan dan solidaritas semua orang Papua untuk rakyat West Papua dalam upaya mereka untuk kemerdekaan.”

Release itu menjelaskan bahwa pendudukan Indonesia atas West Papua dimulai dengan Perjanjian New York tahun 1962 – yang membuat Belanda mengalihkan kepemilikan “Nieuw Guinea Belanda” (sebagaimana diketahui) ke Indonesia. Orang-orang West Papua tidak diberi suara dalam proses yang menyebabkan perjanjian itu.

Tahun depan akan menandai 50 tahun sejak apa yang disebut ‘Act of Free Choice’, dimana Pemerintah Indonesia membayar lip-service terhadap persyaratan perjanjian bahwa pemungutan suara West Papua nantinya akan diadakan sehingga mereka dapat memilih sebagai bentuk latihan penentuan.

Proses pemilihan itu sangat koruptif

Katanya, sejak “Act of No Choice”, lebih dari 500.000 orang diyakini telah terbunuh, dan penduduk asli Papua sekarang diyakini menjadi minoritas di tanahnya sendiri.

Sejak pendudukan Indonesia, tanah West Papua – yang kaya akan keanekaragaman hayati – telah diminati oleh pertambangan multinasional asing, kayu, kelapa sawit dan perusahaan lainnya, beberapa diantaranya memasok ke pasar New Zealand. Ini juga telah menyebabkan pelanggaran lingkungan dan hak asasi manusia yang berkelanjutan.

“Sebagai sebuah Gereja, kita dipanggil untuk mengadvokasi integritas seluruh kehidupan manusia sebagaimana diciptakan menurut gambar Allah (Kejadian 1:27).

Jadi, kami menambahkan suara kami kepada saudara-saudara dari gereja Baptis dan Katolik, dan kepada suara-suara dari agama lain dan organisasi sekuler yang mengutuk pelanggaran kemanusiaan dan lingkungan yang terus terjadi di West Papua.”

Keinginan orang-orang West Papua untuk menentukan nasib sendiri sudah jelas. Oleh karena itu pihaknya menyerukan kepada pemerintah dari masing-masing negara di Pasiifik untuk:

Baca Juga:  Pilot Philip Mehrtens Akan Dibebaskan TPNPB Setelah Disandera Setahun

– Menyeruhkan dukungan panggilan dari Dewan HAM PBB untuk transparansi yang lebih besar dari Indonesia pada catatan hak asasi manusia – termasuk pada hal-hal yang diangkat oleh pelapor khusus PBB setelah kunjungannya ke Indonesia tahun lalu;

– Selidiki penjualan barang-barang yang berasal dari West Papua, seperti minyak dari kelapa sawit, kayu, emas, tembaga dan minyak yang mempercepat marjinalisasi penduduk asli West Papua dari tanah mereka sendiri, sehingga New Zealand dapat membatasi atau melarang penggunaan produk-produk tersebut di sini;

– Mendukung upaya berkelanjutan oleh Koalisi Negara Kepulauan Pasifik di Papua Barat (PICWP) untuk membawa masalah West Papua ke dalam agenda Komite PBB pada Dekolonisasi;

– Menyuarakan keprihatinan atas masalah transmigrasi dari Indonesia dan berlanjutnya pengalokasian dan eksploitasi lahan oleh para pemukim Indonesia, dan penderitaan masyarakat adat yang menjadi minoritas di tanah mereka sendiri.

Selain itu, pihaknya juga mendukung resolusi dari Konferensi Gereja-Gereja Pasifik, sebagai badan ekumenis regional, untuk menominasikan dua pemimpin gereja Pasifik untuk mengunjungi pemerintah dan kepala negara di Papua New Guinea, Kepulauan Solomon, Nauru, Samoa, dan Fiji dalam dua tahun ke depan. Untuk membawa perhatian gereja-gereja Pasifik di Papua Barat untuk perhatian mereka.

Baca juga:Dewan Gereja Pasifik Kembali Menyatakan Dukungannya Terhadap Penentuan Nasib Sendiri Bangsa West Papua

Sebagai uskup Gereja Anglikan di Aotearoa, New Zealand, dan Polinesia, “kami menyerukan kepada pemerintah kami untuk mencari, melalui diplomasi, pemulihan damai atas pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di antara tetangga kami West Papua. Kami sangat mendesak pemerintah kami untuk mengakui status West Papua sebagai orang independen dan untuk mengadvokasi penentuan nasib sendiri West Papua.”

Baca Juga:  Polri akan Rekrut 10 Ribu Orang untuk Ditugaskan di Tanah Papua

Berikut jumlah Penandatangan (Uskup Gereja Anglikan di Aotearoa, Selandia Baru, dan Polinesia):

  • Donald Tamihere, Pihopa o te Tairawhiti, Te Pihopa o Aotearoa, dan Uskup Agung-   Philip Richardson, Uskup Taranaki, Uskup Senior untuk Tikanga Pakeha, dan Uskup Agung-   Fereimi Cama, Uskup-Terpilih dari Polinesia.
  • Ross Bay, Uskup Auckland.
  • Justin Duckworth, Uskup Wellington.
  • Eleanor Sanderson, Asisten Uskup Wellington.
  • Andrew Hedge, Uskup Waiapu.
  • Ngarahu Katene, Pihopa o te Manawa o te Wheke.
  • Richard Wallace, Pihopa o te Waipounamu.
  • Peter Carrell, Bishop-Terpilih dari Christchurch.
  • Steven Benford, Uskup Dunedin

Gereja Anglikan di Aotearoa, Selandia Baru, dan Polinesia terdiri dari lima Maori dan tujuh Pakeha Dioceses / Amorangi di Aotearoa, Selandia Baru, dan Keuskupan Polinesia, yang mencakup Fiji, Tonga, Samoa, dan Kepulauan Cook.

Gereja dipimpin oleh Uskup Agung Donald Tamihere (Tikanga Maori) dan Uskup Agung Philip Richardson (Tikanga Pākehā). Pada tahun baru, mereka akan bergabung dalam kepemimpinan oleh Rev.Fereimi Cama (Tikanga Pasefika) – yang telah terpilih sebagai Uskup Polinesia berikutnya, dan yang juga akan diakui sebagai Uskup Agung.

[1] Provinsi Anglikan di Aotearoa, Selandia Baru, dan Polinesia meliputi Aotearoa Selandia Baru, Fiji, Tonga, Samoa, Samoa Amerika, dan Kepulauan Cook.

[2] Pernyataan Uskup Agung Clyde perlu dibaca dalam konteks PNG. Orang-orang pertama di pulau itu adalah daratan, meskipun sejarah kolonial mereka, masih satu orang. Mereka adalah orang Papua – di kedua sisi perbatasan yang secara sewenang-wenang membagi negara mereka.

Editor: Elisa Sekenyap

Sumber: anglican.ink

Artikel sebelumnyaHut SP ke-7: Harus Menjadi Garam Bagi Dunia
Artikel berikutnyaMahasiswa Pasema dan Samenage Gelar Natal Bersama