Koteka Cup Wadahi Lahirnya Pemain Muda Berbakat

0
4680

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kompetisi Divisi Utama Persipura Jayapura Koteka Cup I tahun 2019 resmi dibuka ketua umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano, Minggu (3/3/2019) sore di stadion Mandala, kota Jayapura.

Koteka Cup I dilaksanakan setelah selama 11 tahun sejak tahun 2008 tidak ada lagi kompetisi serupa di kota Jayapura.

“Kita harus akui bahwa hal ini sangat terasa karena tidak banyak muncul pemain muda berbakat hasil dari kompetisi internal Persipura,” kata Mano.

Walikota Jayapura ini mengaku bersyukur karena masih ada pihak lain peduli dengan menginisiasi sebuah kompetisi sepak bola dapat diselenggarakan di kota Jayapura.

“Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Koteka FC sebagai salah satu klub anggota divisi utama Persipura, menginisiasi rencana kompetisi ini dan hari ini kita buka secara resmi,” tuturnya.

Ketua umum Koteka FC, Yan Ukago, saat menyampaikan sambutannya, mengungkapkan alasan pokok kompetisi sepak bola ini diselenggarakan.

“Karena diawali dengan keterpanggilan dari klub-klub profesional yang ada dibawah bendera Persipura untuk menghidupkan iklim sepak bola di kota Jayapura lebih khusus sistem kompetisi resmi dibawah naungan Persipura,” ujar Ukago.

Lanjut dia, “Waktu itu, kami ada bincang-bincang lepas, bahwa dalam urusan sepak bola, kota Jayapura dalah barometer sepak bola di Papua, sedangkan Papua sendiri adalah gudangnya sepak bola Indonesia. Ini menjadikan posisi Kota Jayapura begitu penting, dalam peta sepak bola Indonesia, maka perlu digairahkan iklim sepak bola khususnya di kalangan masyarakat di kota Numbay.”

Selain itu, kata Ukago, dengan bergulirnya liga 1, liga 2 dan liga 3 tahun 2019, dirasa perlu stok pemain muda berbakat.

“Mereka bukan hanya untuk Papua (Persipura) saja, tetapi juga klub-klub di luar Papua,” ucapnya.

Dengan alasan inilah pengurus Koteka FC memandang perlu terlibat aktif mendukung program dari Persipura menghidupkan iklim sepak bola khususnya kompetisi divisi utama Persipura.

Ia menjelaskan, nama kompetisi divisi utama Persipura Koteka I Cup 2019 ada di bawah bendera Persipura sebagai salah satu agenda rutin.

“Event bergengsi ini didorong bukan hanya oleh Koteka FC sebagai salah satu klub profesional di bawah Persipura, namun juga dikehendaki oleh 12 klub divisi utama lainnya dan juga beberapa klub dari klub divisi satu dan dua Persipura yang hadir sekarang di stadion Mandala ini,” bebernya.

Ukago juga mempertegas tujuan utama kompetisi ini. Pertama, menghidupkan kembali iklim sepak bola di Papua kompetisi profesional khususnya di kota Jayapura yang dalam 10 tahun terakhir belum bergairah.

Kedua, mencari dan memunculkan pemain-pemain muda potensial yang dapat direkrut klub-klub liga profesional di Indonesia tahun 2019/2020 maupun pemain PON XX di Papua.

“Mengacu pada dua tujuan tadi, sesungguhnya yang kita harapkan dengan kompetisi ini, Koteka FC dan 15 tim lain tidak punya target tertentu. Kita hanya mau seorang pemain hebat Papua itu bukan muncul begitu saja, namun pemain yang terlahir dari klub-klub lokal yang profesional. Kita menginginkan pemain yang muncul atau terpilih adalah pemain yang sudah melalui sistem kompetisi sepak bola yang profesional,” ungkap Yan.

Untuk itu, ia berharap pihak terkait terutama Persipura sebagai tim kebanggaan orang Papua maupun pemilik klub Liga 1, 2 dan 3 di tanah air serta pelatih PON Papua XX dapat memantau kompetisi ini khususnya 32 laga yang akan tersaji mulai tanggal 3 hingga 24 Maret 2019.

“Rangkaian pertandingan ini sekiranya tidak terlewatkan begitu saja,” pintanya.

Atas nama pengurus Koteka FC menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua di Jayapura dam khususnya kepada ketua umum Persipura yang telah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan kompetisi divisi utama Persipura Koteka Cup I tahun 2019.

“Dalam event ini kami Koteka FC tidak mencari juara atau menang, tetapi bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ada kepercayaan dari Persipura, itu saja kami sudah berterimakasih,” ucap Ukago.

Tak hanya kali ini, kompetisi serupa diharapkan dapat digelar berkelanjutan. Untuk itu, pesan dia, klub lain dibawah bendera Persipura bisa mengambil tanggungjawab yang sama di waktu mendatang, baik level divisi utama maupun divisi 1 dan 2.

Ketua panitia Koteka Cup I, Jack Kobogau, mengharapkan dukungan semua pihak untuk menyukseskan kompetisi sepakbola yang melibatkan 16 tim di Kota Jayapura.

Kobogau menambahkan, 16 tim terbagi dalam empat pool dan pertandingan akan diadakan di lapangan Tunas Muda Hamadi, lapangan Lantamal, dan lapangan Brimob Kotaraja.

Adapun 16 tim tersebut, Pool A: Volta PLN, Oksibil FC, RBC SPN, Megapura Star. Pool B: Cenderawasih FC, Venus FC, Elang Brimob, Samba APO Jayapura. Pool C: PS AD, Maren FC, Injros FC, Tunas Muda Hamadi. Pool D: Cigombong Putra (Ciput) FC, PS Kayo Pulau, Putra Pasifik FC, Koteka FC.

PS Kayo Pulau dan Koteka FC yang “bentrok” di laga perdana usai upacara pembukaan, berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan PS Kayo Pulau.

Sebelum pertandingan perdana, diawali laga eksebisi antara Persipura All Star versus Koteka Putra All Star berakhir imbang, 1-1.

Pewarta: Markus You