KPU Papua Didesak Lantik KPUD Nduga

0
10877

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — KPU Provinsi Papua dan KPU RI diminta segera melantik komisioner KPUD Kebupaten Nduga yang hingga hari ini belum dilakukan pelantikan.

Hal Tersebut disampaikan Weko Kogoya, Ketua Dewan Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Nduga se-Indonesia (DPC-IPMNI) di Jayapura, Minggu (3/3/2019.

Berkaitan dengan kasus tersebut kata Weko Panwas Nduga dan Pemda Nduga melalui timnya telah melakukan pertemuan dengan pihak KPU RI pada bulan Februari, namun hingga saat ini belum ada penjelasan.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

“Hasil pertemuan tim KPU RI menyatakan untuk menunggu 2-3 hari, namun hingga hari ini belum ada kejelasan dan kepastian untuk kami, sedangkan proses pemilihan sudah dekat,” kata Kogoya.

Termasuk tim dari provinsi telah diberangkatkan ke Wamena guna berkomunikasi dengan Pemda setempat, namun tidak bisa terealisasi lantaran kondusi Nduga yang belum kondusif.

ads
Baca Juga:  C1 Pleno 121 TPS Kembali Dibuka Atas Rekomendasi Bawaslu PBD

“Perlu diketahui bahwa daerah Papua sangat besar dan Nduga merupakan salah satu daerah konflik. Seperti tahun 2013 perna terjadi konflik karena pemilihan, sehingga KPU Papua jangan bermain-main soal ini,” tukasnya.

Oleh sebab itu pihaknya berharap untuk segera melantik komisioner KPUD Nduga, terutama dikhususkan kepada orang asli Nduga yang telah masuk pada tahapan 10 besar.

Baca Juga:  Berlangsung Mulus Tanpa Masalah, KPU Maybrat Diapresiasi

“Jadi kami sampaikan untuk proses penetapan dan pelantikan KPU Nduga adalah orang Nduga,” katanya

Remes Ubruange, Ketua DPC-IPMNI Jayapura mengatakan mahasiswa, pemuda dan pelajar Kabupaten Nduga telah melakukan aksi damai, namun polisi membatasi aksi tersebut dengan alasan kegiatanya berkaitan dengan PGGP.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaSTIKOM Muhammadiyah Melepas 107 Mahasiswa PKN di Keerom
Artikel berikutnyaPemuda Baptis Wilayah Jayapura Gelar Ibadah Perdana