KPU Paniai Buat Deklarasi Kampanye Damai Bersama

0
7193

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paniai menggelar deklarasi kampanye damai bersama partai politik peserta Pemilu tahun 2019 di lapangan Karel Gobai Enarotali, Paniai, Senin (25/3/2019).

Kegiatan ini mengawali kampanye terbuka bagi setiap partai politik yang akan dilaksanakan dari tanggal 26 Maret hingga 13 April 2019.

Petrus Nawipa, ketua KPU Kabupaten Paniai, dalam sambutannya mengatakan, kampanye terbuka digelar berdasarkan PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, yang dijelaskan dalam Bab 7 tentang kampanye pemilihan umum dan PKPU Nomor 32 Tahun 2018 tentang program, tahapan dan jadwal kampanye.

“Berdasarkan itu, kami lima komisioner KPU setelah dilantik beberapa hari lalu, datang ke Paniai dan langsung laksanakan kegiatan ini,” jelasnya di hadapan seluruh caleg, pengurus partai politik, Bawaslu Kabupaten Paniai, Bupati bersama jajaran Muspida Paniai serta aparat keamanan dari berbagai satuan dan massa pendukung.

Lanjut Petrus, kegiatan tersebut merupakan sisa tahapan yang dilanjutkan pihaknya. “Karena tahapan lain sudah dilewati, sehingga kegiatan ini adalah lanjutan sisa tahapan, bukan kami memulai dari awal.”

Petrus menjelaskan sisa tahapan yang akan dilaksanakan yakni kampanye, pemungutan suara, rekapitulasi dan penetapan berdasarkan ketentuan peraturan.

Diluar dari pada itu, ujar dia, pihaknya tidak bertanggungjawab. “Misalnya, bagi internal partai politik yang masih bermasalah sampai sekarang, silakan diatur sendiri sesuai dengan AD dan ART partai bersangkutan. Kami tidak bertanggungjawab. Tahapan itu sudah lewat,” tegas Petrus.

Sesuai tugas dan kewenangan KPU, kata dia, semua sisa tahapan akan dikerjakan berdasarkan aturan yang berlaku. Untuk itu, pihaknya minta kepada semua parpol bersama-sama sukseskan pesta demokrasi tahun 2019 sesuai asas demokrasi, langsung, umum, bebas dan rahasia.

Ketua KPU juga meminta aparat keamanan agar mengamankan situasi daerah benar-benar aman dan tertib hingga pesta demokrasi selesai.

Massa pendukung masing-masing parpol peserta Pemilu 2019 di lapangan Karel Gobai Enarotali. (Stevanus Yogi – SP)

Aser Kadepa, anggota Bawaslu Kabupaten Paniai, mewakili ketua Bawaslu Paniai, pada kesempatan yang sama meminta kepada para pimpinan dan peserta partai politik selama kampanye hingga penetapan suara agar patuh terhadap Perbawaslu Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

“Di dalamnya ada tiga hal yang harus dipatuhi, pencegahan, penindakan dan larangan. Bagi yang langgar, tetap kami akan tegur dan beri sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Zakius Yogi, ketua DPC PPP, usai kegiatan mengatakan, ia bersama para calegnya akan mematuhi semua peraturan yang sudah disampaikan KPU dan Bawaslu Paniai.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut masing-masing ketua partai politik diminta menandatangani surat pernyataan siap kalah dan siap menang pada Pemilu 2019, yang dibuat KPU dan Bawaslu Paniai.

Bupati dan Kapolres Paniai yang adalah pembina politik juga diminta menandatangani surat tersebut sebagai saksi.

Acara ditutup dengan pawai bersama mengitari kota Enarotali dengan rute lapangan Karel Gobai, Puskesmas Enarotali, SD Negeri, Pos Brimob, Pelabuhan Aikai, PLN, Pasar Iyaipugi, dan finish di lapangan Karel Gobai.

Pewarta: Stevanus Yogi
Editor: Markus You