Ini Pesan Bupati Yahukimo Saat Lantik Para Pejabat

0
7117

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Yahukimo, Abock Busup mengajak para pejabat yang diberi kepercayaan dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dalam mendukung program pemerintah daerah.

Pesan ini disampaikan saat melantik para pejabat eselon, kepala bidang, dan kepala seksi di lingkungan pemerintahan kabupaten Yahukimo, Selasa (26/3/2019) di aula kediaman Bupati Yahukimo.

Abock dalam sambutannya menjelaskan, Yahukimo adalah kabupaten yang sangat unik karena mempunyai suku, budaya, bahasa, yang berbeda-beda, namun tetap satu. Karena itu, pengisian jabatan ini tidak dari tim sukses karena waktu untuk tim sukses sudah lewat.

“Pelantikan ini saya tidak mengambil dari tim sukses, karena kalau saya ambil dari tim sukses, maka pemerintahan di kabupaten ini tidak bisa berjalan dengan baik,” ujarnya.

Bupati juga mengatakan, karena pusat perdagangan ekonomi akan berpusat di kabupaten Yahukimo, sehingga pada tahun ini difokuskan pada pembangunan infrastruktur.

“Kita sudah membuka 5 akses jalan dan targetnya akan diselesaikan pada tahun ini,” kata Abock.

Untuk itu, Abock mengaku sudah bertemu dengan pihak Pertamina hasilnya sudah dilakukan survei untuk bangun di Pepera dan bandara.

“Seluruh OPD yang ada di Kabupaten Yahukimo harus mendukung kami, untuk itu segera menyiapkan diri dan bekerja dengan baik,” tandasnya.

Terkait dengan insentif dan gaji ASN, bupati menegaskan, sudah menaikan insentif karena menghargai kinerja mereka di kabupaten Yahukimo.

Meskipun demikian, Abock mengaku kesal karena banyak ASN tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Saya naikan insentif para pegawai karena saya hargai kinerja mereka. Tetapi setelah insentif naik, semuanya pada kabur, entah kemana. Kantor-kantor kosong. Saya bisa potong insentif dan dialihkan untuk pembangunan, tetapi saya tetap tahan karena ini sudah masuk di visi dan misi serta program kerja saya bersama bapak wakil bupati,” tutur Abock.

Abock menambahkan, dalam pelantikan ini, sudah pertimbangkan banyak aspek, sehingga ada beberapa pejabat yang dinonjobkan, tetapi kembali dilantik lagi.

Khusus ASN yang berada di lokasi pendulangan emas, Bupati minta segera masuk kantor untuk kerja. Jika tidak, kata Abock, jabatannya akan segera dicopot dan diganti dengan pejabat lain.

Begitupun dengan para ASN yang masih di luar Yahukimo, dihimbau segera kembali dan aktif ke kantor-kantor yang saat ini sangat sepi.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You