Papuansphoto Buka Sayap ke Biak

0
8019

BIAK, SUARAPAPUA.com — Setelah di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papuansphoto mulai melebarkan sayapnya ke kabupaten lain. Kali ini, giliran Biak Numfor.

Pembentukan cabang komunitas Papuansphoto di kota Biak, Kamis (21/3/2019), disambut hangat para penggemar fotografi yang ada di kota Karang Panas ini.

“Kami sangat senang dengan hadirnya komunitas fotografi ini, apalagi dihadiri langsung pimpinan Papuansphoto dan bisa kukuhkan pengurusnya di sini,” kata Ian Sroyer, koordinator komunitas Papuansphoto cabang Biak Numfor, Kamis (21/3/2019).

Sroyer akui selama ini memang banyak anak muda di Kabupaten Biak Numfor tertarik dengan fotografi, hanya belum ada wadah.

- Iklan -

“Di sini belum ada komunitas fotografi, jadi tinggal hanya begitu saja, kami semua terpencar, tidak tergabung dalam satu wadah. Tetapi setelah hari ini terbentuk, pasti banyak yang akan bergabung,” tuturnya.

Pantauan suarapapua.com, pembentukan komunitas ini diawali dengan diskusi singkat di depan gedung Petrus Kafiar, sebuah bangunan peninggalan Belanda.

Menurut Whens Tebay, ketua Papuansphoto, wadah yang dipimpinnya sejak dibentuk tahun 2014 berbasis di ibukota provinsi Papua. Pihaknya baru bentuk cabangnya di Wamena, akhir Februari 2019 lalu.

“Kita hadir untuk mengangkat berbagai persoalan, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya melalui hasil fotografi. Dari fotografi yang dihasilkan anak-anak Papua, ada manfaatnya. Jadi, sudah beberapa kali kami pamerkan hasil karya jepretan kami dari Papuansphoto,” jelas Whens.

Dalam beberapa event pameran, kata dia, anggota Papuansphoto menampilkan hasil fotografi tentang berbagai keunikan, kekayaan alam, dan tempat-tempat wisata yang ada di Tanah Papua.

Sejak awal dibentuk hingga saat ini, lanjut Whens, nama komunitas Papuansphoto sudah dikenal banyak pihak karena ada kekompakan dan tentu hasil fotografi dari semua anggota.

“Beberapa waktu lalu kami sudah bentuk cabang di Wamena, dan hari ini teman-teman di Biak sudah bentuk juga. Nah, saya atas nama pimpinan Papuansphoto mengukuhkan pengurus komunitas di Biak,” tandasnya.

Untuk logo komunitas, ia sarankan agar bisa sharing pendapat dengan semua anggota supaya disepakati bersama.

“Papuansphoto ini komunitas induk, dan kita juga sudah bentuk Papuans Video Maker,” imbuh Whens.

Pengurus cabang komunitas Papuansphoto di Biak. (Ardi Bayage – SP)

Nomensen Wambrauw, salah satu anggota komunitas menyampaikan terima kasih atas pembentukan dan pengukuhan pengurus di Biak Numfor karena selama ini sangat sulit dengan wadah seperti ini.

“Saya kira ini hal yang sangat baik, sebab memang banyak hal yang harus diangkat melalui karya fotografi,” ucapnya.

Fotografer selama ini dianggap biasa-biasa saja, padahal menurut dia, sama seperti profesi seniman yang bisa menghasilkan banyak hal positif untuk dinikmati kalangan manapun.

“Wadah sudah terbentuk, jadi mari kita mulai berkarya di negeri kita sendiri,” ajak Wambrauw.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You

Print Friendly, PDF & Email