Jaro Local Meraih Penghargaan Best International Pacific Artist Award di New Zealand

0
3421

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Penggemar musik reggae Pasifik di Tanah Papua pastinya tak lupa dengan Jaro Local (nama asli: Jaro Jeremy Saeni), penyanyi asal Solomon Islands yang sebelumnya anggota grup Dezine yang baru saja menerima penghargaan bergengsi, “Pacific Music Award 2019” dengan kategori Flava Best International Pacific Artist.

Jaro menerima penghargaan Pacific Music Award melalui album dan lagunya yang hits ‘Dakini Tangarareh’. Selain Jaro, ada sejumlah artis lainnya dari sejumlah negara Pasifik yang mendapatkan penghargaan Pacific Music Awards dengan kategori berbeda, seperti Adeaze, Melodownz, Tree dan sejumlah artis lainnya.

Penghargaan tahunan Pacific Music Award ini digelar di Auckland, New Zealand baru-baru ini.

Jaro merupakan penyanyi terkenal di negara Kepulauan Solomon yang berhasil meraih penghargaan Best International Pacific Artist.

Karier Jaro

Jaro Local adalah penyanyi dan penulis lagu yang berusia 24 tahun yang sebelumnya bergabung di grup boy band Dezine, bersama dua sepupunya, Sean Rii (Richie Saeni) dan Santana (Albert Saeni) yang menyanyikan sejumlah lagu populernya, seperti ‘Gyal, Must Be Love dan Lady Jazz’.

Sejak solo tahun 2016, karier Jaro terus meningkat hingga mengantarkan dirinya tur ke beberapa negara Pasifik, mulai dari PNG, Vanuatu, Fiji, New Caledonia, Samoa, Tonga, Australia, dan New Zealand.

Hingga ia menerima sejumlah penghargaan bergengsi, mulai dari PNG FM Music Awards 2017 dengan kategori ‘Rookie of the year’, PNG FM Musik Awards 2017 dengan kategori ‘Song of the year’, dan PNG FM Musik Awards 2017 dengan kategori ‘South Pacific artist of the year’.

Memang sebuah prestasi yang menunjukkan kerja keras luar biasa dan komitmen penyanyi yang dimulai dari grup boy band Melanesia yang terinspirasi dari sejumlah artis dunia, seperti Sean Kingston, Akon, Collie Budz, Sean Paul dan Morgan Heritage, termasuk keluarga Marley.

Jaro merupakan artis pertama dari Solomon Islands yang mendapatkan awards internasional setelah 15 tahun sejarah Pacific Music Awards berdiri.

Latarbelakang keluarga

Jaro Local adalah anak dari ikon Pasifik, Sharzy (Sammy Saeni), penyanyi legendaris dari Solomon Islands yang mulai karirnya pada 1995 di industri musik terbesar South Pacific yang bermarkas di Port Moresby, Chin H Meen atau yang dikenal dengan CHM Super Sound hingga merilis 5 album.

Nama Jaro diadopsi dari nama singkat yang dipanggil kawan-kawan semasa kecilnya di sungai putih, sementara nama Local diambil sebagai status artis lokal.

Sebuah ucapan selamat yang besar untuk Jaro Local karena tidak hanya mewakili musik Kepulauan Solomon, tetapi juga Kepulauan Solomon sebagai bangsa di antara sesama negara Pasifik lainnya.

Pewarta: Elisa Sekenyap