Suara Papua Bikin Kerja Sama dengan Papuansphoto

0
4706
Pemimpin Redaksi suarapapua.com, Arnold Belau (kanan) berdiri bersama ketua Papuansphoto, Whens Tebay saat serahkan surat kesepakatan kerja sama. (Ardi Bayage - SP)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Suara Papua, sebuah media online yang berbasis di Kota Jayapura telah bikin kontrak kerja sama foto dengan komunitas fotografi anak-anak Papua yakni Papuansphoto. Tanda tangan kerja sama dilakukan di Cafe Coffie Baliem Skyland, kota Jayapura, Kamis (13/6/2019) kemarin.  

Bentuk kerja sama yang dilakukan adalah memberikan ruang kepada Papuansphoto yang menayangkan hasil karya fotografi di Suara Papua. Karya fotografi yang disepakati adalah kategori foto Human Interest, Street, Unik dan Keindahan Alam Papua.

Beberapa kesepakatan yang disepakati dalam kerja sama tersebut antara lain: Suara Papua memberikan ruang setiap hari Kamis untuk menayangkan karya fotografi dari Papuansphoto pada rubrik Berita Foto.

Usai teken kerja sama antara Suara Papua dan Papuansphoto, Pimpinan Redaksi Suara Papua, Arnold Belau mengatakan, niat untuk melakukan kerja sama tersebut sudah ada sejak dua tahun lalu, namun baru terlaksana pada 2019 setelah ketua komunitas Papuansphoto dan Suara Papua bersepakat untuk menjajaki kerja sama.

- Iklan -

Menurut Belau, karya-karya yang dihasilkan para fotografer Papuansphoto sangat bagus. Untuk menggunakan foto-foto dari Papuansphoto, bisa saja diambil kapan pun. Tetapi, tidak etis. Sebab, kata dia, hasil karya foto yang dihasilkan para fotografer melalui proses yang cukup panjang dan melelahkan.

“Jadi, kalau mau ambil (foto) begitu saja tanpa izin dan tanpa memberikan kompensasi kepada pemilik foto, bisa saja. Karena sama-sama anak-anak Papua. Tetapi saya pikir itu tidak etis. Karena dengan cara begitu sangat tidak menghargai hasil karya orang lain,” kata Arnold.

Maka itu, kata dia, hal penting dari kerja sama tersebut adalah Suara Papua menghargai karya para fotografer Papua yang tergabung di Papuansphoto.

“Akan lebih bagus kalau melakukan kerja sama yang profesional seperti yang saat ini kami (Suara Papua dan Papuansphoto) lakukan. Ini penting bagi Suara Papua dan juga bagi Papuansphoto,” kata Belau.

Sementara itu, Whens Tebay, ketua Papuansphoto mengatakan, Papuansphoto sambut baik niat Suara Papua untuk kerja sama dengan pihaknya. Ia mengaku akan berkoordinasi dengan semua anggotanya tentang kerja sama tersebut.

“Tentu saja teman-teman kita harus bangga dengan kepercayaan ini. Karena banyak media yang ada selama ini tidak pernah memberikan kepercayaan kepada kami. Yang ada hanya foto-foto kita digunakan tanpa sepengetahuan kita dan digunakan untuk kepentingan mereka,” kata Whens.

Kerja sama ini akan berlangsung selama setahun sejak kerja sama tersebut ditandatangani. Foto-foto dari anggota Papuansphoto akan ditayang setiap hari Kamis.

Pewarta: Ardi Bayage

Print Friendly, PDF & Email