Wartawan Diharapkan Mematuhi Kode Etik Jurnalistik

0
2171
Foto bersama Lucky Ireeuw dan wartawan Suara Papua usai pelatihan. (Ruland Kabak - SP)

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Lucky Ireeuw, ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kota Jayapura berharap agar wartawan di Papua mematuhi kode etik jurnalistik.

“Seorang wartawan dalam menjalankan tugasnya sebagai jurnalis harus mematuhi kode etik jurnalistik yang berlaku di Indonesia,” kata Ireeuw dalam pelatihan jurnalis suarapapua.com di aula P3W GKI Padangbulan, kota Jayapura, pekan lalu.

Ireeuw juga menjelaskan soal kepribadian seorang wartawan dalam menjalankan tugas kewartawanan, dimana seorang wartawan harus menjaga integritas, juga menghormati hak asasi setiap orang.

Baca juga: Wartawan Diharapkan Mematuhi Kode Etik Jurnalistik

Selain itu, katanya, untuk menjamin kemerdekaan pers dan memenuhi hak publik untuk memperoleh informasi, wartawan memerlukan landasan moral dan etika profesi sebagai pedoman operasional dalam menjaga kepercayaan publik dan menegakkan integritas serta profesionalisme.

Yance Agapa, salah satu wartawan Suara Papua mengapresiasi para pemateri yang menyampaikan materi tentang kode etik dan penerapannya di Papua.

Menurutnya, materi tentang kode etik sangat penting agar wartawan dalam menjalankan tugasnya bisa mematuhi aturan yang ada.

“Berharap Suara Papua terus maju dan menyuarakan suara kaum tak bersuara, tetapi juga terus memberikan pemahaman tentang kode etik kepada wartawannya,” kata Yance.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Elisa Sekenyap