Persipura Gagal Lagi, Nasib Luciano Digantung

0
4411

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Nasib pelatih kepala Persipura Jayapura, Luciano Leandro, akan segera ditentukan, apakah masih diberi kewenangan untuk tetap melatih atau dilepas menyusul hasil buruk dari lima laga di awal kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Ridwan Bento Madubun, asisten manajer Persipura, mengatakan, keputusannya akan diambil pada saat rapat evaluasi.

“Sesuai petunjuk dari ketua umum Benhur Tomi Mano, evaluasi akan dilakukan paling lambat dua hari kedepan,” kata Bento saat diwawancarai wartawan di stadion Mandala usai pertandingan, Jumat (28/6/2019) malam.

Bento menambahkan, keputusan dari rapat evaluasi manajemen Persipura akan menentukan nasib pelatih asal Brasil itu.

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

“Hasil keputusannya apakah akan dilanjutkan atau tidaknya pelatih bersama kita,” ujarnya.

ads

Banyak pihak terus soroti buruknya penampilan tim kebanggaan masyarakat Papua ini. Mereka bahkan desak ganti pelatih. Sebagian lain minta evaluasi total di tingkat manajemen.

Mettu Duaramuri, mantan asisten pelatih Persipura, berpendapat, perlu selamatkan muka klub peraih empat gelar juara itu tetap berkibar di kancah sepakbola nasional.

Bagi Mettu, sangat riskan jika tak segera dibenahi dengan berkaca dari beberapa pertandingan yang telah dilakoni di awal musim kompetisi tahun 2019.

“Setiap pertandingan harus dievaluasi supaya pertandingan berikut bisa raih hasil bagus, bila perlu menang besar. Itu satu-satunya upaya untuk pertahankan nama besar Persipura,” ujarnya.

Baca Juga:  57 Tahun Freeport Indonesia Berkarya

Jika itu tak dilakukan, ia pesimis dengan target dari manajemen di akhir kompetisi tahun ini.

Hingga akhir putaran kedua, imbuh legenda hidup Persipura yang juga cukup lama mendampingi tim Mutiara Hitam, masih ada 28 pertandingan.

Hingga pekan kelima Persipura belum keluar dari zona merah. Itu setelah pada pertandingan tadi Boaz Solossa Dkk gagal mengatasi Semen Padang.

Kemenangan yang diharapkan dari  laga ini tak berhasil diamankan. Justru berakhir imbang, 1-1.

Baca Juga:  PSBS Siap Menuju Liga 1 Usai Ambil Satu Poin di Aceh

Gol bagi tim tamu dicetak Agung Prasetyo pada menit ke-40. Pemain belakang Andre Ribeiro dos Santos pada menit ke-53 berhasil menyamakan kedudukan.

Pada pekan keenam Persipura akan menjalani laga krusial di kandangnya Arema FC, stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Kamis (4/7/2019).

Target Luciano menang atas Semen Padang gagal dibuktikan memantik banyak cibiran dan sorotan terus mengalir dari mana-mana, yang menghendaki adanya pergantian pelatih.

Gelombang kritikan bahkan desakan publik tak bikin dia gentar. Luciano tetap maju untuk buktikan kemampuannya hingga kini harus menunggu keputusan resmi: dipertahankan atau dilepaskan.

Pewarta: Markus You

Artikel sebelumnya166 Anak Meepago Ikut TPA Siswa Unggul Papua di Nabire
Artikel berikutnyaTanam Pinang 2009, Panen 2015, Hasilnya Beli Laptop 2019