Pemerintah Kab. Yahukimo Dukung Kehadiran KAPP

0
2237

YAHUKIMO, SUARAPAPUA.com — Yulianus Heluka, wakil bupati kab. Yahukimo, Papua menyatakan pemerintah setempat mendukung Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) dan pemerintah bersedia jadi mitra. 

Hal ini diungkapkan Heluka saat membuka konferensi pertama Badan Perwakilan Daerah Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) di  aula gereja GIDI Dekai, Yahukimo pada Rabu (3/7/2019).

“Pada dasarnya organisasi yang ada kami mendukung. Dan saya mau (KAPP) harus menjadi mitra pemerintah,” katanya saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan tersebut.

Ia menyambut baik KAPP di Yahukimo dan menegaskan agar anak-anak asli Papua menjadi tuan di negerinya untuk mengelola kegiatan apa pun.

“Sekarang saatnya untuk kita bangkitkan, intinya kita mendukung KAPP. Karena untuk memajukan negeri adalah mulai dari hal yang kecil. Dan masuk pada pemberdayaan, terhadap mama-mama yang bikin noken, jualan pinang dan lainnya,” kata Heluka.

Dominikus Sorabut, ketua Dewan Adat Papua (DAP) mengatakan, di atas manusia ada Tuhan di bawahnya ada adat. Sehingga sebagai manusia kita harus menjaga semua itu dengan baik.

“Di dunia ini hanya ada dua. Tuhan dan adat, ini bicara bukan soal dosa dan tidak dosa. Tapi sesungguhnya adalah kita hidup di atas tanah, maka kita harus menjaga semua. Saya bicara bukan karena kita punya ras rambut hitam kulit keriting ini sedang punah. Dan itu kita harus mempertahankannya,” katanya.

Untuk di Dewan Adat sendiri ada tiga anak diantaranya, KAPP yang hari ini konferensi, dan Penjaga Tanah Adat Papua (PETAPA), Yayasan Dusun Papua (Yadupa), kata Dominikus, semua kita bicara untuk tanah dan manusia Papua.

Musa Haluk, ketua KAPP Pusat, mengatakan, pihaknya mendukung konferensi yang sedang berlangsung. Ia menambahkan jika pusat dan pemerintah provinsi akan dukung KAPP.

“Bapak Gubernur tahun ini sudah memberikan kepercayaan kepada kami. Sehingga kami punya program utama sekarang adalah membangun dari kampung ke kota, sehingga kami dari pusat berharap pemerintah daerah bisa mendukung BPD KAPP Yahukimo,” katanya.

Foto bersama usai pembukaan konferensi BPD KAPP Yahukimo di aula Gereja GIDI Dekai Yahukimo, Rabu (3/7/2019) siang. (Ardi Bayage – SP)

Terpisah, usai pembukaan konferensi, G Nelson Silak, ketua KAPP kabupaten Yahukimo mengatakan, KAPP  sudah memiliki Surat Keputusan (SK) gubernur, sehingga dirinya akan benahi semua usaha ekonomi yang ada agar pengusaha Papua mampu bersaing.

Semua usaha masyarakat yang ada, kata dia, akan dirangkul semua, tidak akan main pilih kasih, semua suku yang ada akan didorong usahanya agar usahanya hidup.

“Mulai dari usaha koperasi, pertanian, pertanian, pertambangan. Akan dirangkul karena contoh besar kita bisa lihat sekarang kami jadi penonton, itu yang akan dibahas dalam sidang konferensi hari ini sampai dengan selesai,” tambahnya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau