Dana Kebersihan Disalahgunakan, Kadis Akan Bertanggung Jawab

0
2127

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Warga masyarakat Yahukimo yang bermukim di ibu Kota Kabupaten Yahukimop keluhkan sampah yang berhamburan di jalan-jalan hingga perkantoran di Dekai.

Hal tersebut disampaikan Eli Magayang, warga Kota Dekai kepada suarapapua.com belum lama ini di Dekai.

“Ada yang buang langsung pakai sarung beras yang isinya kartun, rak telur, plastik ayam es dan jenis plastik lainnya. Jadi saya pikir warga masyarakat dan pemilik warung-warung di Dekai perlu ditertibkan agar tidak buang sampah sembarangan,” kata Eli.

Ia juga menghimbau kepada warga masyarakat Yahukimo di Dekai agar membuang sampah di tempat yang telah disiapkan agar terlihat bagus dan bersih.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Yahukimo, Lewi Yando mengakui pihaknya tidak bisa buat apa-apa, sebab dana kebersihan yang telah dialokasikan Pemkab  untuk tahun 2019 sebesar Rp250 juta dipergunakan oleh oknum tertentu yang tidak bertanggungjawab.

Hal tersebut disampaikan Lewi Yando, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Yahukimo melalui sambungan telepon kepada suarapapua.com, Sabtu (6/7/2019).

“Saya diluar daerah lalu orang lain ambil baru pakai itu. Tanya saja sama orang bersangkutan,” respon Yando.

Namun Yando berjanji ketika ia kembali akan berupaya untuk mengatasi persoalan ini agar kebersihan di Dekai tetap terjaga.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor      : Elisa Sekenyap