Keterbatasan Dana, Papua Terancam Tidak Ikut Pacific Exposition di Auckland

0
3368

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Provinsi Papua terancam mengirimkan delegasinya dalam mengikuti The 1st Pacific Exposition 2019 yang akan dilaksanakan di Auckland, Selandia Baru pada 11-14 Juli 2019, lantaran anggaran yang minim.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, Yoseph Matutina kepada wartawan, Selasa, (9/7/2019). 

“Kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan, karena instansi kami sejak dua tahun terakhir sudah tidak memiliki anggaran untuk mengikuti kegiatan pameran yang ada,” ungkap Yoseph Matutina sebagaimana dilansir dari papuatoday.com.

Menurutnya, tak hanya provinsi yang belum memastikan diri, pemerintah kabupaten dan kota se-Papua juga hingga hari ini belum ada yang mengkonfirmasi untuk hadir dalam kegiatan Pacific Exposition tersebut. 

“Terkait undangan pameran ini, kami sudah menginformasikan ke kabupaten/kota, namun sampai hari ini belum ada satupun yang menanggapi. Selama ini, undangan untuk Papua terlibat dalam pameran di luar memang banyak, tapi kami terkendala anggaran,” jelasnya.

Sekertaris Daerah Papua, TEA Hery Dosinaen mengakui untuk terlibat dalam kegiatan The 1st Pacific Exposition di Auckland, Selandia Baru membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit, sehingga perlu dirapatkan bersama.

“Tentunya kami minta ada keterwakilan kabupaten/kota yang siap mewakili Papua di kegiatan ini, apalagi melalui kegiatan ini bisa membantu Papua dalam meningkatkan perekonomian, khususnya Wilayah Indonesia Timur,” imbuh Sekda Dosinaen.

Sumber: Papuatoday.com