BeritaMasyarakat Suku Tehit Nyatakan Siap Bersaing di Pilkada Sorsel 2020

Masyarakat Suku Tehit Nyatakan Siap Bersaing di Pilkada Sorsel 2020

TEMINABUAN, SUARAPAPUA.com — Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Suku Tehit Kabupaten Sorong Selatan beserta 12 Sub Suku Tehit gelar pertemuan guna mendorong anak Tehit di Pilkada Srong Selatan yang akan dilangsungkan 2020.

Pertemuan yang dihadiri sejumlah intelektual dan tokoh masyarakat Tehit itu dlakukan di sekertariat LMA Tehit, Senin (9/7/2019).

Philipus Momot Ketua LMA tehit mengatakan, sejak tahun 2004 Kabupaten Sorong Selatan berdiri, orang Tahit hanya menjadi penonton di negerinya sendiri.

Baca Juga:  PWI Pusat Awali Pra UKW, 30 Wartawan di Papua Tengah Siap Mengikuti UKW

ā€œOleh sebab itu, kami dari LMA Tehit mau orang Tehit harus bersatu untuk menjadi tuan di negerinya sendiri. Dengan demikan, seluruh orang Momot harus bersama-sama mendukung,ā€ ujar Momot.

Selain itu katanya, pihaknya juga membentuk tim formatur Tahit Bersatu dan agenda kerja. Tim ini diketuai oleh Arens Howai, Wakil Ketua Luksen Thesia, Sekertaris Obaja Karsao dan Aksamina Momot sebagai Bendahara.

Baca Juga:  KPU Deiyai Tuntaskan Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

Gustaf Bleskadit, tokoh masyarakat Tehit Bersatu mengatakan, sejak 2004 Kabupaten Sorong Selatan berdiri hingga 2019 telah mencapai 17 tahun, namun anak-anak Tehit tetap menjadi penonton.

ā€œKami ini terus menangis dengan kondisi ini, walaupun di negeri kami. Kami harus bisa maju di tahun depan. Apabila kami mengetahui ada orang Tehit yang bekerja di luar kesepakatan bersama, maka yang bersangkutan silahkan menerima risiko secara pribadi,ā€ kata Bleskadit.

Baca Juga:  Tragedi Penembakan Massa Aksi di Dekai 15 Maret 2022 Diminta Diungkap

Ketua Tim Formatur Tehit bersatu yang baru terpilih, Arens Howay menyatakan siap bekerja untuk mencapai harapan orang Tehit.

ā€œSaya bersama badan Formatur terpilih dan anggota siap bekerja keras, untuk menyelamatkan anak-anak Tehit di Pilkada 2020,ā€ ukas Arens.

Pewarta: Ferdinan Thesia

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

0
"Namun sayangnya, sejak aksi dari pagi hingga pukul 13:00 siang, Pencaker tidak bisa bertemu dengan Pj Gubernur, sehingga kamiĀ  Pencaker bersepakat untuk memalang Kantor Gubernur secara adat," tegasnya.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.