BeritaUsut Penambang Liar, KNPI Akan Bentuk Tim Investigasi

Usut Penambang Liar, KNPI Akan Bentuk Tim Investigasi

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) akan membentuk tim terpadu guna melihat dan menginvestigasi langsung aktivitas penambangan emas secara illegal di Papua.

“Terutama di daerah Nabire, Timika, juga terakhir kita dengar di daerah Korowai, Pegunungan Bintang dan Yahukimo, bahkan Mamberamo. Kita lihat ini penambangan ilegal yang luar biasa terjadi disana, sehingga kami dari KNPI melihat dampak rusaknya lingkungan dan habitat yang ada di sana, sehingga akan melakukan investigas,” Kata Albertho Gonsalves Wanimbo, Ketua KNPI Provinsi Papua di Café Bali Hae, Dok II Jayapura, Selasa (10/7/2019).

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

Dengan demikian ia meminta kepada pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas ini, terutama investor asing agar segera menghentikan penambangan.

“Pemerintah harus menertibkan tenaga-tenaga asing yang datang ke Papua, yang tidak memiliki surat izin lengkap. Pemerintah dan pihak Kepolisian juga harus jelih,” kata Wanimbo.

Dikatakana, penambangan illegal yang saat ini lagi ramai dibicarakan adalah daerah Nabire dan Yahukimo.

Baca Juga:  Direpresif Aparat Kepolisian, Sejumlah Massa Aksi di Nabire Terluka

“Ditanah ini bukan tanah kosong, ada warganya yang punya tanah adat, sehingga orang lain jangan seenaknya. Jangan orang lain datang mencuri kekayaan yang ada,” pungkasnya.

Sementara Asisten I Bidang Pemerintahan Doren Wakerwa mengakui bahwa pemerintah Papua berencana membentuk tim untuk ke Nabire melihat penambangan emas disana.

Korowai Yahukimo, aktivitas penambangan illegal yang tahun 2018 telah dilarang pengoperasian oleh Pj.Gubernur Papua Soedarmo terus dilakukan.

Baca Juga:  Desak Pelaku Diadili, PMKRI Sorong Minta Panglima TNI Copot Pangdam Cenderawasih

“Ada banyak speed boat yang digunakan pendulang melalui sungai Lokpon, mulai beraktivitas naik dan turun,” tutur salah satu warga pinggiran sungai Lokpon Yahukimo kepada suarapapua.com belum lama ini.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Melaporkan Terjadi Pengungsian Internal di Paniai

0
Pengungsian internal baru-baru ini dilaporkan dari desa Komopai, Iyobada, Tegougi, Pasir Putih, Keneugi, dan Iteuwo. Para pengungsi mencari perlindungan di kota Madi dan Enarotali. Beberapa pengungsi dilaporkan pergi ke kabupaten tetangga yakni, Dogiyai, Deiyai, dan Nabire.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.