JFT Disambut Ratusan Suporter Persipura

0
1095

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kedatangan Jacksen Ferreira Tiago di Jayapura, Papua, Jumat (12/7/2019) sore, dijemput gembira ratusan pendukung Persipura Jayapura.

Pelatih asal Brasil ini disambut para suporter dan Persipuramania yang sudah menunggunya sejak siang di pelataran bandar udara Sentani, kabupaten Jayapura.

“Selamat datang kembali ke rumah. Kami sangat senang,” kata salah satu perwakilan Persipuramania sembari mengalungkan selendang kebesaran Persipura berwarna merah hitam kepada coach Jacksen F Tiago.

Baca juga: Jacksen Resmi Latih Persipura

Pelatih yang sukses membawa Boaz Solossa dan kawan-kawan meraih tiga gelar juara itu menepati janjinya kepada manajemen Persipura pasca sehari sebelumnya diumumkan sebagai pelatih kepala Persipura sepeninggal Luciano Leandro.

Sosok Jacksen F Tiago memang tak asing bagi publik sepak bola Papua. Selama beberapa musim kompetisi sejak pertengahan tahun 2008 ia pernah tangani Persipura.

Masuk menggantikan posisi Raja Isa, pelatih asal Malaysia, JFT pada musim pertamanya sukses mempersembahkan tropi juara Liga Super Indonesia. Sukses kedua dan ketiga berlanjut pada kompetisi tahun 2010/2011 dan 2012/2013.

Pemberi tiga gelar juara bersama Persipura itu tiba di bandar udara Sentani sekira pukul 16.25 WIT. Ia menggunakan pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan ID 6183.

Jacksen dengan wajah segar menyapa ratusan suporter dan menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat ini. “Terima kasih atas sambutannya. Hari ini kita bisa bertemu lagi. Saya kembali ke rumah,” ucapnya sembari berjabat tangan dan memeluk para suporter.

Kedatangan JFT mengundang perhatian dari para penumpang lain, termasuk para petugas bandara Sentani. Apalagi melihat aksi bergantian berfoto dengan Jacksen, juga berfoto bersama ratusan suporter dan pendukung Persipura.

Setiba di kota Jayapura, Jacksen langsung menuju stadion Mandala. Di sana ia menjumpai manajemen, para pemain dan asisten pelatih yang sedang berlatih.

Sehari sebelumnya, Kamis (11/7/2019), ketua umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano memastikan telah bersepakat dengan Jacksen F Tiago untuk melatih tim Mutiara Hitam, julukan Persipura. Durasi kontraknya hingga kompetisi Shopee Liga 1 2019 berakhir.

“Ya, Jacksen sudah kita tunjuk sebagai pelatih. Terkait dengan administrasi lainnya nanti kita selesaikan jika dia sudah tiba di Jayapura,” kata Mano kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis kemarin.

Baca juga: Jacksen Tiago Bersedia Latih Persipura

Pihak manajemen Persipura, menurutnya, telah melakukan pertemuan dengan JFT di Jakarta dan Malang. “Kita sudah bertemu, dan Jacksen bersedia untuk kembali melatih Persipura.”

BTM yang juga Walikota Jayapura ini berharap, kehadiran Jacksen bisa mengangkat prestasi Persipura ke papan atas klasemen sementara Liga 1 2019.

Diakuinya, JFT bukan orang baru di Persipura. Sebelumnya sudah pernah melatih Persipura, sehingga dianggap lebih memahami cara pendekatan psikologis terhadap para pemain Persipura.

“Jacksen lebih memahami karakter pemain, semoga dia bisa bekerja sama dengan pemain dan Persipura bisa memperbaiki posisi di klasemen sementara saat ini,” pungkasnya.

JFT sukses digandeng Persipura setelah ia resmi mengundurkan dari kursi kepelatihan Barito Putera. Sempat beredar rumor didekati Persebaya dan beberapa tim lain, Jacksen memilih Persipura sebagai pelabuhan terakhir saat ini untuk melanjutkan kariernya di kompetisi Liga 1.

Pewarta: Markus You