Relawan PON XX Siap Dikukuhkan

0
1926

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Direncanakan akhir bulan ini Gubernur Papua Lukas Enembe akan mengukuhkan Relawan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Ketua Relawan PON XX, Albertho G Wanimbo, mengaku hal ini setelah sudah bertemu Gubernur Papua di Jakarta.

“Beberapa waktu yang lalu saya sudah berkomunikasi dengan bapak Gubernur di Jakarta. Dalam pertemuan itu beliau sampaikan, setelah tiba di Papua, akan dilakukan pengukuhan relawan PON,” kata Wanimbo di Jayapura, Rabu (10/7/2019) lalu.

Setelah pengukuhan, kata dia, akan diadakan beberapa kegiatan di lima wilayah adat demi menyukseskan terselenggaranya PON di Tanah Papua

“Setelah perekrutan dan pengukuhan serta pagelaran  dan lain-lain, mulai dari Lapago, Meepago, Saireri, Animha, Bomberai dan Domberai,” imbuhnya.

Tempat pengukuhan itu sendiri, menurut Wanimbo, pihaknya, sudah berkoordinasi dengan lembaga Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

“Kita akan adakan di Auditorium Uncen, kegiatannya tiga sampai  lima  hari, nanti ada parade budaya, seni ukir, festival jelang PON, dan pameran aksesoris mama-mama Papua.”

Dengan itu, pihaknya akan terus gelorakan dan gaungkan PON di Tanah Papua. “Memang kita belum lihat gaung PON dengan baik, tetapi konsolidasi dan sosialisasi kita harus terus lakukan,” kata Wanimbo.

Sementara itu, Husni Difinubun, karateker KNPI kabupaten Keerom, mengatakan, setelah nanti pengukuhan relawan PON XX, seluruh pengurus sudah harus siap untuk laksanakan kegiatan yang dirancang.

“Sampai sekarang KNPI sudah siap, pusat bahkan daerah sudah bersedia. Hanya kami tunggu kewenangan melalui pengukuhan, yang akan dilakukan bapak Gubernur Papua dalam waktu dekat. Setelah itu sudah, maka semua program akan kita jalan, tentu demi mendukung pemerintah provinsi Papua,” kata Husni.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You