Bupati Puncak Bantu Geisler Ap

0
2193

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Bupati Kabupaten Puncak, Willem Wandik membantu petinju Geisler Ap untuk melengkapi kebutuhan dalam rangka perebutan gelar juara World Boxing Association (WBA) melawan Muhammad Bilal dari Pakistan.

Bantuan senilai Rp100 Juta diserahkan kepada pihak panitia di depan kantor Dewan Kesenian Tanah Papua, Taman Imbi, kota Jayapura, Selasa (16/7/2019) malam.

“Beberapa hari lalu bapak bupati Puncak mendengar bahwa di kota Jayapura ada penggalangan dana untuk petinju Geisler Ap, jadi hari ini bapak suruh saya untuk memberikan sumbangan ini. Bapak bupati menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir untuk menyerahkan langsung,” kata Dasin Kogoya, utusan Bupati Puncak, saat menyerahkan bantuan tersebut.

Harapan Bupati Wandik, lanjut Dasin, pemerintah daerah bersama seluruh masyarakat kabupaten Puncak mendukung penuh perjuangan Geisler Ap di ring tinju.

“Bapak sampaikan bahwa ke depannya siap mendukung penuh. Karena kegiatan seperti ini hal baru bagi orang Papua apalagi bawa nama Papua di kancah internasional,” lanjutnya sebelum serahkan uang ke panitia.

Tak perlu melihat nilai bantuan, kata Dasin, dengan dukungan ini diharapkan ada semangat bagi Geisler Ap untuk menang atas lawan saat bertanding pada tanggal 20 Juli 2019 di GOR Waringin kota Jayapura.

Thedy Pekei, ketua panitia relawan penggalangan dana, usai menerima bantuan dari bupati Puncak, di hadapan ratusan penonton, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada semua uluran tangan masyarakat dan pejabat di Tanah Papua.

“Kegiatan kita akan berakhir hari ini dan mari kita berikan dukungan kepada kaka Geisler Ap agar tumbangkan lawan di ring tinju,” ujarnya.

Dari hasil penggalangan yang dilakukan, imbuh dia, sudah cukup banyak sumbangan baik dari pihak keamanan, masyarakat maupun pemerintah. “Saya atas nama panitia sampaikan banyak terima kasih,” ucapnya sembari enggan menyebutkan nama-nama penyumbang karena direncanakan akan dibacakan pada saat pertandingan berlangsung.

Thedy menyatakan, suatu kebanggaan tersendiri karena Geisler Ap adalah petinju profesional asli Papua yang berhasil meraih juara World Boxing Council (WBC) Asia Pasifik usai menumbangkan petinju asal Thailand, Thoedsak Sinam pada Maret lalu, dan pada pada pertarungan kali ini penantang dari Pakistan akan ke Jayapura (Papua).

“Ini sejarah, dan patut kita berbangga. Tetapi satu hal lagi, karena lawan dari luar, maka itu membutuhkan biaya yang besar, sebab semua kita yang tanggung. Jadi, kami masih mengharapkan uluran tangan dari pemerintah, seperti sekarang dari bapak Willem Wandik,” kata Pekei.

Sebelumnya, bantuan juga diberikan Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja, Kamis (11/7/2019) lalu. Dengan bantuan senilai Rp100 juta diharapkan bisa membantu Geisler Ap dalam mempertahankan gelar WBC sekaligus meraih gelar WBA.

Dana yang dibutuhkan dalam pertandingan kali ini berkisar Rp800 juta. Selain harus menyetor biaya administrasi ke badan tinju baik WBC maupun WBA masing-masing Rp200 juta, juga membiayai semua akomodasi dari petinju lawan beserta pelatihnya, presiden WBC dan presiden WBA, serta biaya ring, konsumsi, dan lain-lain.

Bantuan sama juga sebelumnya telah diberikan oleh Bupati Jayapura, Walikota Jayapura dan Kepala Dinas Kesehatan provinsi Papua.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Markus You