Jeremy Corbyn, Pimpinan Oposisi Inggris Menyampaikan Selamat Kepada Benny Wenda

2
3617

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Jeremy Corbyn MP, Pimpinan Partai Buruh Inggris (Leader of the Labour Party) menyampaikan selamat kepada tuan Benny Wenda, Ketua United Liberations Movement for West Papua (ULMWP) yang menerima penghargaan Oxford Freedom of the City Award pekan lalu.

Berikut adalah isi pesan yang disampaikan tuan Jeremy Corbyn yang adalah pimpinan oposisi Inggris kepada tuan Benny Wenda sebagaimana pesan elektronik yang diterima redaksi suarapapua.com pada, Jumat (26/7/2019).

“Saya menyesal bahwa saya tidak dapat berada di sini hari ini (itu) untuk memberi selamat kepada Benny secara pribadi, karena penghargaan yang diterima Benny merupakan penghargaan bergengsi dan layak diterima oleh anda.

Benny, saya menyampaikan selamat untukmu!

Baca juga:Perjalanan Benny Wenda dari Penjara Abepura ke Internasional dan Pimpin ULMWP (Bagian 1)

Saya telah memiliki hak sangat istimewa untuk mengenalmu dalam jangka waktu yang lama dan saya selalu mengagumi semangat yang besar yang telah anda ucapkan untuk rakyatmu Papua Barat.

Dia (Benny) telah menjadi juru kampanye yang tak kenal lelah untuk hak bagi rakyat Papua Barat atas penentuan nasib sendiri, untuk advokasi mendapatkan pengakuan internasional dan diplomasi yang terampil.

Komitmen Benny terhadap perjuangannya tidak goyah dan saya senang bahwa kontribusinya sangat besar dan saat ini telah diakui dengan kehormatan kebebasan kota Oxford ini – penghargaan itu sangat tepat diberikan oleh kota tempat ia tinggal sebagai pengungsi politik yang bertahun-tahun.

Saudara saya meninggal di Lae Papua Nugini setelah tinggal di sana selama beberapa tahun.

Saya menyampaikan kasih sayang saya khusus untuk pulau itu pada kunjungan saya – karena sejarahnya, keanekaragamannya, dan tentu saja keindahan alamnya, menjadi kaya akan sumber daya alam.

Pulau Papua pasti menarik minat industri pertambangan dan sayangnya, dekade ekstraksi mineral dan eksploitasi telah menyebabkan kerusakan yang tak terhingga pada pulau itu dan orang-orangnya.

Benny pantas mendapatkan pengakuan atas dukungannya yang luar biasa bagi kelestarian lingkungan hidup Papua Barat, dan hak-hak rakyatnya yang bergantung padanya.

Selamat untuk Benny dan Oxford!”

Redaksi