Jenazah Uskup Saklil akan Disemayamkan di Gereja Katedral Tiga Raja

0
1438

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Jenazah almarhum uskup Keuskupan Timika, Mgr. John Philip Saklil, Pr yang meninggal di ruang ICU Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Timika disemayamkan di gereja Katedral Tiga Raja, Timika setelah sebelumnya disemayamkan di kantor Keuskupan Timika, Kompleks Rumah Transit Bobaigo, Jl. Cenderawasih, Timika pada Sabtu 3 Agustus 2019.

Dikutip dari laman seputarpapua.com, Ribuan umat Katolik mengantar jenazah Uskup dari kamar jenazah Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Caritas Timika kemarin, sekitar Pukul 17.10 WIT dengan iring-iringan panjang kendaraan ribuan umat.

Ketua Unio Imam Projo Keuskupan Timika dan Papua Pater Dominikus Hodo, Pr kepada suarapapua.com mengatakan, jenazah uskup Saklil akan dibawa ke gereja Katerdral Tiga Raja Timika setelah sebelumnya disemayamkan di Kantor Keuskupan Timika.

“Saat ini masih sedang disemayamkan di kantor Keuskupan Timika. Hari ini jam 15.00 sore ambulance tiba di kantor keuskupan dan jam 15.00 lewat kami akan mulai jalan dari kantor keuskupan ke gereja Katerdral untuk disemayamkan sampai hari pemakaman,” ungkapnya kepada suarapapua.com dari Timika, Minggu (4/8/2019).

Pater Dominikus Hodo, Pr mengungkapkan bahwa jenazah uskup akan disemayamkan di gereja Katerdral hingga hari pemakaman tanggal 7 Agustus 2019.

“Jenazah uskup akan dimakamkan di Timika pada tanggal 7 Agustus jam 12 siang setelah dilakukan misa riquem yang dipimpin oleh ketua Komisi Wali Gereja Indonesia (KWI), Mgr. Ignasius Suharyo,” ungkapnya.

Pater Hodo juga mengungkapkan bahwa jenazah uskup akan dimakamkan di Timika.

“Setelah misa requem di gereja Katedral, Jenazah uskup akan dibawa dan dimakamkan di Kuburan Imam Projo di belakang Rumah Uskup Timika,” ungkapnya.

Mgr. John Philip Saklil lahir di Kokonao, Mimika Barat, Mimika, Papua pada 20 Maret 1960 dan diangkat menjadi Uskup Keuskupan Timika tanggal 19 Desember 2003. Meninggal di ruang ICU RSMM Timika, Sabtu 3 Agustus 2019 pada usia 59 tahun.

Mgr. John Saklil ditahbiskan menjadi imam diosesan Kesukupan Jayapura tanggal 23 Oktober 1988.

Mgr. John Philip Saklil, Pr ditahbiskan menjadi uskup pada 18 April 2004 oleh Mgr. Leo Laba Ladjar sebagai Uskup Penahbis Utama didampingi uskup Agung Emeritus Merauke, Mgr. Jacobus Duivenvoorde MSC dan Uskup Keuskupan Agats, Mgr. Aloysius Murwito OFM.

Sejak 2009 hingga 2015, Mgr. John Philip Saklil menjabat sebagai Ketua Komisi Kepemudaan KWI.

Sebelum meninggal, Uskup Philip juga sebagai Administrator Apostolik Keuskupan Agung Merauke.

Pewarta: Arnold Belau