Paul Yaam; Antropolog Lulusan Uncen

0
2938

Oleh: Heri Suroto)*

Paul Yaam namanya, seorang antropolog senior Papua. Ia adalah angkatan pertama Jurusan Antropologi Universitas Cenderawih (Uncen)tahun 1977. Pada tahun 1977 jurusan Antropologi Uncen baru dibuka dengan nama jurusan Linguistik Antropologi, Fakultas Fisip.

Paul Yaam dibimbing langsung oleh Koentjaraningrat, bapak Antropologi Indonesia. Ia menjadi salah satu penulis dalam buku Membangun Masyarakat Majemuk Irian Jaya (1979), dengan editor Koentjaraningrat.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Selama kuliah, Paul Yaam aktif dalam kegiatan seni budaya Papua, pada 1985 ia ikut bergabung menjadi anggota grup Mambesak, grup seni budaya ini memiliki semboyan Menyanyi untuk Hidup dan Menari untuk Hidup. Grup ini pernah dicap negatif oleh pemerintah Orde Baru, dua pengurusnya yaitu Arnold Ap dan Eddie Mofu meninggal secara misterius.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

Selain itu, Paul Yaam aktif mengikuti penelitian antropologi dan arkeologi, baik dengan peneliti Indonesia maupun peneliti Belanda.

ads

Pada 1988, Paul lulus dari Uncen, ia kemudian bekerja sebagai kurator di Museum Negeri Provinsi Papua. Dalam puncak karirnya ia pernah menjadi Kepala Museum Negeri Provinsi Papua selama dua periode masa jabatan. Paul pensiun 2011, kemudian mengabdikan diri sebagai dosen luar biasa di Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua hingga saat ini, ia mengasuh mata kuliah Seni Budaya Papua.

Baca Juga:  Vince Tebay, Perempuan Mee Pertama Raih Gelar Profesor

)* Penulis adalah arkeolog dan tinggal di Jayapura.

Artikel sebelumnyaGempaR Papua Akan Gelar Aksi Peringati Hari Masyarakat Adat Sedunia
Artikel berikutnyaJenazah Uskup Saklil akan Disemayamkan di Gereja Katedral Tiga Raja