PasifikGrup Relawan: Setidaknya 182 Orang Meninggal Dunia di Kamp-Kamp Pengungsian di Papua

Grup Relawan: Setidaknya 182 Orang Meninggal Dunia di Kamp-Kamp Pengungsian di Papua

AUCKLAND, SUARAPAPUA.com — Sebuah kelompok relawan di Papua Barat Indonesia melaporkan sebanyak 182 warga sipil meninggal karena kekerasan di pegunungan tengah Papua. 

Namun militer tetap skeptis terhadap angka-angka itu, yang terjadi ketika perang antara pemberontak dan negara menunjukkan tanda sedikit berakhir.

Sejak Desember sesuai laporan dari Tentara Pembebasan Papua Barat (TPN-PB) dan sejumlah relawan yang membantu warga sipil mengindikasikan bahwa ribuan orang telah melarikan diri dari konflik yang berpusat di sekitar Kabupaten Nduga.

Baca Juga:  ANZ Mengantisipasi Pertumbuhan Populasi Fiji Seiring Melambatnya Migrasi Ke Luar Negeri

Pekan lalu, kelompok bantuan yang bernama Tim Solidaritas Kemanusiaan Untuk Nduga menyebutkan sedikitnya 182 orang dari kabupaten tersebut meninggal dunia karena kelaparan dan penyakit di kamp-kamp pengungsian.

Ini naik dari perkiraan bulan Juli 2019 yang berjumlah 139 kematian, dan kelompok ini saat ini telah memperkirakan puluhan ribu orang terlantar.

Di antara yang tewas katanya, sebanyak 92 adalah anak-anak, sementara ada lebih dari 3.400 anak sekolah di antara pengungsi tidak dapat melanjutkan pendidikan.

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Mengutip data dari sebuah gereja, tim sukarelawan LSM dan kesaksian dari para pengungsi menunjukan bahwa diperkirakan lebih dari 34.000 orang telah melarikan diri dari Nduga.

Sejak operasi militer dan polisi dimulai di Nduga setelah serangan pemberontak pada Desember 2018, relawan yang membantu pengungsi menyatakan,  “ada sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, rumah ibadah dan pusat kesehatan yang telah rusak atau terbakar, termasuk rumah penghuni “.

Baca Juga:  Pemimpin Papua Nugini Mengklaim Oposisi Menyalahgunakan Proses Parlemen

Tetapi seorang juru bicara militer Indonesia, Eko Daryanto, mengatakan kepada The Jakarta Post bahwa data itu mungkin salah ditafsirkan. Menurut data pemerintah, hanya 53 orang yang tewas di kamp-kamp pengungsian.

Tim Solidaritas untuk Nduga telah menyerukan penarikan segera polisi dan militer di Nduga, dan bagi pemerintah untuk membuka akses ke wartawan, kelompok hak asasi manusia dan pekerja kemanusiaan.

Sumber: radionz.co.nz

Editor: Elisa Sekenyap

Terkini

Populer Minggu Ini:

Perusahaan HTI PT Merauke RJ di Boven Digoel Diduga Melakukan Tindakan...

0
“Kami meminta pejabat pemerintah kabupaten Boven Digoel dan Provinsi Papua Selatan, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk segera mengambil tindakan penertiban, dengan menghentikan dan mengevaluasi keberadaan dan aktivitas perusahaan PT Merauke Rayon Jaya, atas dugaan pelanggaran hukum yang terjadi dan telah menimbulkan keresahan dalam masyarakat”, jelas Tigor G Hutapea.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.