Gelar Perlombaan Peringati 17 Agustus, Ini Pesan Bupati

0
1142

PANIAI, SUARAPAPUA.com — Dalam rangka peringati hari kemerdekaan republik Indonesia ke 74, pada 17 Agustus mendatang, pemerintah kabupaten Paniai gelar tiga jenis perlombaan, yakni gerak jalan, bola voli putra-putri dan lari maraton, 5 kilo meter.

Bupati Paniai, Meki Nawipa, Selasa (6/8/2019) lalu, membuka secara resmi ketiga lomba tersebut melalui upacara perlombaan yang digelar di lapangan bola voli Karel Gobai, Enarotali.

“Di momen menyongsong 17 Agustus ini, mari kita semua, ASN, TNI-POLRI dan seluruh komponen masyarakat sukseskan lomba-lomba yang akan digelar dengan semangat baru agar Paniai damai tercipta kembali,” kata Bupati dalam arahannya.

Supaya demikian, Bupati yang sebelumnya berprofesi pilot ini meminta seluruh lapisan masyarakat satu hati, pikiran dan roh.

“Kepada masyarakat yang masih mabuk-mabuk sekarang, stop. Bikin tim atau gabung di tim-tim yang ada dan ikut kompetisi ini. Yang (masyarakat) masih berkeliaran di luar-luar juga mari merapat. Pokoknya semua lapisan masyarakat Paniai, saya harap terlibat. Ini harapan kami Pemda Paniai,” ajaknya.

Bupati menyatakan, perlombaan-perlombaan tersebut akan terus digelar di momen-momen lain juga.

Jadi, lanjut Nawipa, perlombaan-perlombaan ini tidak hanya kami gelar di tujuh belasan ini, nanti Desember mendatang dalam rangka sambut hari Natal juga akan kami gelar. Untuk itu kepada semua tim harus tetap semangat.

“Jangan karena kalah terus bikin kacau. Kalah dan menang itu soal biasa. Karena yang terpenting disini adalah bagaimana kita menjaga negeri Paniai yang kita cintai ini tetap aman dan damai,” terangnya.

Terlepas dari itu, Bupati  meminta masyarakat Paniai agar mendukung dalam doa tim Persipani Paniai yang akan ikut kompetisi Liga 3 Zona Papua.

“Karena sampai pada hari ini, yang terdaftar resmi sementara hanya ada dua klub, Persipani dan Persimi Mimika,” imbuhnya.

Oktovianus, ketua panitia HUT RI Pemkab Paniai (kanan) dan Martinus Muyapa, koordinator pertandingan dan lomba (kiri) saat memberi keterangan usai upacara perlombaan kepada suarapapua.com. (Stevanus Yogi – SP)

Oktovianus, SE, ketua panitia HUT RI kabupaten Paniai, menjelaskan bahwa lomba yang diadakan berkategori umum.

“Kami sengaja buat begitu supaya dari pelajar hingga masyarakat umum dapat sama-sama memeriahkan hari kemerdekaan negara ini sebagai wujud penghormatan kepada jasa para pahlawan,” kata dia kepada suarapapua.com, usai upacara perlombaan.

Koordinator pertandingan dan lomba, Martinus Muyapa berhapa agar kegiatan yang digelar menjadi ajang pemersatu dalam mengisi pembangunan seperti yang dicita-citakan para pahlawan Nasional.

“Terutama bagi generasi penerus negeri Paniai ini. Agar bagaimana lewat kegiatan-kegiatan ini bakat mereka bisa berkembang yang pada kemudian hari dapat mengharumkan negeri Paniai dan bangsa Indonesia ini,” ucapnya.

Pewarta: Stevanus Yogi

Editor: Arnold Belau