Dinas Pariwisata Gelar Festival Budaya di Dekai

0
623

DEKAI, SUARAPAPUA.com— Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Yahukimo telah gelar Festival Seni Budaya di Dekai Rabu, (14/8/2019) kemarin.

Acara Festival tersebut diikuti oleh tujuh suku besar dan satu tarian dari anak-anak Sekolah.

Wakil Bupati Yahukimo Yulianus Heluka dalam sambutannya menyampaikan, budaya adalah warisan dari nenek moyang. Sehingga, Heluka menghimbau bahwa harus melestarikan budaya.

“Budaya adalah warisan dari nenek moyang harus kita lestarikan dan jaga. Sehingga, mulai sekarang budaya kita harus lestarikan,” pesan Heluka mengajak.

Heluka juga menghimbau kepada anak-anak muda yang gengsi dengan budaya, agar segera lestarikan budaya tersebut yang sudah mulai punah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Yahukimo Nico Bayage menjelaskan, kegiatan festival rencana dilakukan selama dua hari. Namun dengan keterbatasan anggaran sehingga dilaksanakan dalam satu hari.

“Rencana kita mau buat dua atau tiga hari. Tapi anggaran sedikit jadi kita buat dalam satu hari saja,” jelasnya.

Bayage menjelaskan, dari sembilan suku besar yang menghuni kabupaten Yahukimo, yang mengikuti festival hanya tujuh suku.

Setelah melaksanakan kegiatan festival, dinas pariwisata memberikan uang pembinaan kepada tujuh suku yang mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan Festival Budaya dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo, Kapolres Yahukimo, dan Kodim penghubung 1702 Jayawijaya di Dekai.

Pewarta : Ruland Kabak
Editor : Arnold Belau