Mau Tahu Kemajuan Yahukimo, Masyarakat Wajib Dengar RBS

0
570

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Wakil Bupati Kabupaten Yahukimo Yulianus Heluka, SH  mengajak masyarakat di 51 distrik dan 517 kampung dan 1 kelurahan untuk selalu mengikuti siaran Radio Bumi Sumohai melalui frekuensi 103.1 MHZ yang dipancarkan langsung dari Kantor Bupati Yahukimo, Jalan Cenderawasih Dekai.

Menurut Wabup Heluka, kehadiran Radio Bumi Sumohai atau akrab dikenal RBS ini menjadi media pertama yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Yahukimo dalam rangka memberi informasi dan edukasi bagi masyarakat.

Radio ini, kata dia, hadir sebagai media informasi terkait dengan keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah baik di bidang infrastruktur, pendidikan dan kesehatan.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Yahukimo di 51 distrik 517 kampung dan 1 kelurahan untuk terus mendengar siaran Radio Bumi Sumohai. Selama ini masyarakat hanya gunakan SSB untuk mengirim pesan ke distrik-distrik dan kampung kampung, namun tidak memberitakan informasi keberhasilan pembangunan pemerintah daerah. Sehingga kami berharap melalui radio ini masyarakat bisa mendapat informasi yang jelas tentang keberhasilan yang dilakukan oleh pemerintah,” kata Heluka saat sambangi kantor RBS di Dekai, Selasa (13/08/2019).

Politisi Partai Demokrat ini menjelaskan, mengingat sulitnya medan geografis maka kehadiran radio RBS di Yahukimo ini sangat membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengejar ketertinggalan informasi.

Sebelumnya, kata dia, Pemkab Yahukimo memang sudah bekerja sama dengan media cetak, televisi dan radio, tetapi itu semua tidak menjangkau masyarakat di distrik dan hanya sampai di ibu kota Dekai saja.

“Ini sebuah langkah maju yang patut kami apresiasi, khususnya dinas terkait dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Yahukimo. Melalui radio RBS ini, masyarakat cepat mengakses informasi pembangunan setiap hari. Dulu orang hanya pikir radio di Pegunungan Tengah hanya ada di Wamena, sekarang kita di Yahukimo sudah ada,” katanya.

Wabup Yulianus Heluka menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah terlibat atas berdirinya Radio Bumi Sumohai sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) FM 103.1 MHZ. Antara lain, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua, Kementerian Kominfo, dan LPP RRI Jayapura yang menjadi konsultan teknik dan  membantu Diskominfo Yahukimo dalam pendirian radio ini.

Diskominfo Yahukimo