Kemenpora Siapkan VAR dan Live Streaming untuk Seri Nasional LBU16

0
1362

JAYAPURA, SUARAPAPUA.COM –– Kompetisi sepak bola Liga Berjenjang menjadi salah satu program unggulan yang dimiliki Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga.

Liga ini dijalankan Asisten Deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan (Ordik), dengan masing-masing operator di Kelompok Umur (KU) 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun, 17 tahun putri, dan 21 tahun (mahasiswa).

Kompetisi diselenggarakan secara bertahap. Mulai penyisihan tingkat region kabupaten atau kota, berlanjut ke seri provinsi. Puncaknya adalah seri nasional.

Untuk Liga Berjenjang U-16 (LBU16) 2019, seri nasional diselenggarakan pada 1-6 September 2019 mendatang dan dipusatkan di Banten. LBU16 digelar dengan operator kompetisi usia muda, yaitu Manajemen Kompetisi (MK).

Baca Juga:  Hajar Semen Padang 3-0, PSBS Biak Kunci Juara Liga 2

Alman Hudri  selaku Asdep Ordik Deputi III Kemenpora RI, menaruh harapan besar terhadap penyelenggaraan seri nasional LBU16 2019. Kompetisi di usia ini sudah digelar sejak 2016.

ads

“Diharapkan pada penyelenggaraan tahun ini, partisipasi tim peserta melebihi edisi-edisi sebelumnya,” kata Alman Hudri dalah rilis yang diterima redaksi, Sabru (24/8/2019).

Diketahui penyelenggaraan Liga Berjenjang berlangsung di 34 provinsi se-Indonesia. Jadi akan ada 34 tim yang berhak bermain di seri nasional, mewakili daerah masing-masing.

Dukungan Kemenpora RI terhadap pelaksanaan Liga Berjenjang tidak main-main. Mulai tahun ini Asdep Ordik memakai Video Assistant Referee (VAR). Tujuannya untuk menimalkan kesalahan pengambilan keputusan dari wasit.

Baca Juga:  Pencaker Palang Kantor Gubernur Papua Barat Daya

Kabid Olahraga Menengah Asdep Ordik Kemenpora RI, Ary Moelyadi, menambahkan, penerapan VAR menjadi kebutuhan yang tidak bisa dielakkan. Apalagi VAR menjadi salah satu fokus yang ditekankan Menpora RI Imam Nahrawi.

“Di Liga Berjenjang tahun ini seri nasionalnya kami coba memakai VAR. Dengan segala keterbatasan yang ada, kami coba memulai teknologi VAR ini,” ujar Ary Moelyadi.

Sekadar diketahui, Asisten wasit video atau VAR adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan. VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game, tetapi penggunaannya telah diuji coba oleh International Football Association Board di beberapa turnamen.

Baca Juga:  Penolakan Memori Banding, Gobay: Majelis Hakim PTTUN Manado Tidak Mengerti Konteks Papua

Pihaknya juga berencana menyiarkan secara langsung pertandingan di seri nasional lewat siaran langsung. Diharapkan bakat-bakat di seri nasional bisa ditonton dengan mudah.

“Siaran langsung memakai teknologi streaming. Siaran nantinya lewat Menoreh TV,” katanya.

Seri nasional LBU16 Piala Menpora 2019 di Banten nanti, rencananya berlangsung di enam tempat. Keenam tempat itu adalah Stadion Sport Center, Stadion Mini Cisauk, Stadion Mini Pakujaya, Stadion Heroik Kopassus, Lapangan Yonif 203, dan Lapangan Arhanud Rudal 003.

Pewarta: R3

Editor: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaTiga Tahun Siswa SD Inpres Amuma Tidak Menerima Ijazah
Artikel berikutnyaAparat Gabungan Dilaporkan Sedang Penyisiran di Puncak Papua