Panglima TNI dan Kapolri Kunjungi Papua

0
154

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto menjamin keamanan masyarakat Papua dimanapun berada.

Pernyataan ini disampaikan disela kunjungan kerjanya di Kota Jayapura, sebelum berdialog dengan Forkopimda serta para tokoh masyarakat Papua, Selasa, (27/8).

Kapolri Tito mengatakan, jika kondisi Papua dan Papua Barat saat ini sudah relatif aman, meskipun masih ada riak-riak massa seperti yang terjadi di Timika Papua dan Manokwari Papua Barat.

“Di Papua juga saya kira relatif aman dan jauh kondusif. Kita akan terus melakukan langkah-langkah dialog, termasuk juga langkah penegakan hukum seperti di Surabaya, Timika dan di Papua Barat,” kata Kapolri Tito didampingi Kapolda Papua, Irjen Pol. Rudolf Alberth Rodja dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Yosua Pandit Sembiring.

Jenderal Tito juga mengatakan bahwa ia dan Panglima TNI telah bertemu dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Istana Kepresidenan di Jakarta, Senin, 26 Agustus 2019.

Dalam pertemuan itu, Gubernur Enembe menyatakan komitmennya bersama TNI dan Polri menjaga keamanan di seluruh tanah Papua.

Selain itu, Kapolri juga telah berdialog dengan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan serta parah tokoh masyarakat dalam kunjungannya ke Manokwari, Ibukota Provinsi Papua Barat, beberapa hari lalu.

Gubernur diminta untuk memberikan himbauan menyejukkan kepada masyarakat yang merasa terhina harga dirinya atas peristiwa rasisme yang terjadi di Surabaya.

“Saya kira masyarakat juga sudah paham bahwa Gubernur Jawa Timur, Ibu Khofifah telah menyampaikan pernyataan maaf beliau bahwa kata-kata yang kurang pantas itu tidak mewakili masyarakat Jawa Timur. Bahkan beliau menawarkan Jawa Timur menjadi Sister Province. Begitu jug dengan permohonan maaf Walikota Surabaya ibu Tri Rismaharini,” ujarnya.

Kapolri mengatakan, Pemerintah Jawa Timur telah memberikan jaminan keamanan bagi mahasiswa serta masyarakat Papua yang berada di Kota Pahlawan itu.

Demikian juga dengan jaminan yang diberikan aparat kepolisian dan TNI.

“Semoga dengan kehadiran kami di sini (Papua) menambah solidnya hubungan antara Polri dan TNI, dan juga dengan masyarakat agar pembangunan yang sekarang digencarkan oleh bapak presiden Jokowi di Papua bisa berjalan dengan baik,” tandasnya.

Sumber: PapuaToday