Wiranto Klaim Papua Kondusif, Pengamat: Papua Tidak Kondusif

3
1908

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Marinus Yaung, pengamat Politik di Papua membantah pernyataan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyebutkan suasana di Papua dan Papua Barat sudah kondusif.

Yaung menjelaskan, Papua ini ibarat Bara dalam Sekam. Sekam itu membara terus karena sumber apinya belum dipadamkan.

Ia menegaskan situasi di Papua, terutama di Kota Jayapura sedang tidak kondusif. Selain Kota Jayapura, kata dia, Deiyai dan beberapa daerah di Papua juga tidak aman pasca demo lawan rasisme terhadap mahasiswa Papua.

“Sekarang ini pak Wiranto harus bisa menenangkan segala-galanya. Terutama menenangkan warga migran di Papua. Warga imigran di Papua ini harus ditenangkan. Jangan bikin gerakan tambahan perpanjang konflik. Papua ini korban. Menjadi korban dalam waktu yang cukup lama. Mereka sudah menahan diri diperlakukan tidak adil, diperlakukan dengan kekerasan bertahun-tahun,” tegasnya.

Baca Juga:  Seorang Fotografer Asal Rusia Ditangkap Apkam di Paniai

Kata dia, teman-teman (warga migran) ini harus mengerti kepentingan orang papua. Sehingga apa yang terjadi hari ini, harus tahan diri dan menerima.

ads

“Jangan mereka emosi lagi karena itu akan memperpanjang konflik di tanah Papua. Pak Wiranto tolong kendalikan dia punya warga migran yang datang cari makan di atas tanah Papua ini,” tegasnya.

Baca Juga:  PMKRI Kecam Tindakan Biadap Oknum Anggota TNI Siksa Warga Sipil di Papua

Ia menambahkan, bolehlah kata-kata seperti itu (Papua dan Papua barat sudah kondusif) untuk berspekulasi. Tapi jangan akhirnya mengabaikan sumber api sesungguhnya. Apa itu sumber apinya, sumber api itu adalah luka bangsa papua yang menganga bertahun-tahun.

“Pak Wiranto pikirkan bagaimana sembuhkan luka bangsa Papua, karena kalau luka hati bangsa ini tidak sembuh, maka kondisi sosial yang terjadi saat ini juga akan muncul di kemudian hari. Dan bara ini akan terus membesar dan membakar papua ini,” tegasnya.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto yang telah mengklaim situasi di Papua dan Papua Barat sudah kondusif dan damai. Dia mengaku mendapat laporan perihal itu dari Panglima Komando Daerah Militer serta Kepala Kepolisian Daerah di Papua dan Papua Barat.

Baca Juga:  Velix Vernando Wanggai Pimpin Asosiasi Kepala Daerah se-Tanah Papua

“Pagi tadi saya mendapat laporan dari Papua dan Papua Barat, di sana ada Pangdam, ada Kapolda, melaporkan suasana Papua dan Papua Barat sudah kondusif, semua wilayah sudah damai, toko-toko sudah buka, kehidupan sudah berjalan lagi,” kata Wiranto pada Minggu, 1 September 2019 seperti dikutip media ini dari tempo.co.

Pewarta: Arnold Belau

Artikel sebelumnyaSerangan Terhadap Demonstran Papua Barat Dikutuk Oleh Kelompok HAM Australia
Artikel berikutnyaHidup Bersaudara Itu Tidak Harus Sebangsa dan Setanah Air