Ketua Komisi HAM PBB Belum Dapatkan Izin ke Papua Barat

7
1889

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Komisioner Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet mengatakan kantornya sejauh ini belum mendapatkan izin untuk mengunjungi Papua Barat, Indonesia.

Pada bulan Januari, Indonesia pada prinsipnya setuju untuk mengizinkan kunjungan bagi ketua komisi HAM PBB, tetapi hingga saat ini, kunjungan itu belum bisa dilaksanakan, meskipun ada dukungan internasional untuk itu.

Baca Juga:  Negara Mengajukan Banding Atas Vonis Frank Bainimarama dan Sitiveni Qiliho

Di tengah kerusuhan dengan kekerasan yang telah mengguncang Papua sejak pertengahan Agustus, Bachelet pekan lalu mendesak Jakarta untuk melakukan dialog dengan orang Papua.

Pernyataannya pada hari Rabu tidak secara langsung membahas rencana kunjungan kantornya ke wilayah tersebut.

Namun dalam komentar yang sebelumnya tidak dilaporkan yang dibuat setelah acara diskusi terbuka di Jenewa, Bachelet mengatakan proses perizinan tidak bergerak maju.

ads
Baca Juga:  Menteri Perempuan Fiji Lynda Tabuya Menyerukan Undang-Undang Online yang Lebih Kuat

“Kami telah bekerja sama dengan pihak berwenang, tetapi kami belum mendapatkan kemajuan. Tetapi kami akan terus berbicara dengan mereka (pemerintah Indonesia) karena mereka berjanji kepada pendahulu saya untuk memberikan izin kunjungan ke Papua Barat. Kami mencoba untuk terus mendorong pemerintah Indonesia tapi memang belum ada kemajuan. Kami berharap bahwa rencana ini bisa terealisir.

Baca Juga:  MSG Sedang Mengerjakan Kerangka untuk Merampingkan Perdagangan Lintas Batas

“[Pemerintah Indonesia] telah memberi tahu saya bahwa mereka menantikan kedatangan kami,” tambahnya.

Sumber: Radio New Zealand

Artikel sebelumnyaBeredar Maklumat MRP HOAX
Artikel berikutnyaDi Jayapura, Tersangka Bertambah jadi 37 Orang