Ketua Komisi HAM PBB Belum Dapatkan Izin ke Papua Barat

5
98

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com—  Komisioner Hak Asasi Manusia PBB Michelle Bachelet mengatakan kantornya sejauh ini belum mendapatkan izin untuk mengunjungi Papua Barat, Indonesia.

Pada bulan Januari, Indonesia pada prinsipnya setuju untuk mengizinkan kunjungan bagi ketua komisi HAM PBB, tetapi hingga saat ini, kunjungan itu belum bisa dilaksanakan, meskipun ada dukungan internasional untuk itu.

Di tengah kerusuhan dengan kekerasan yang telah mengguncang Papua sejak pertengahan Agustus, Bachelet pekan lalu mendesak Jakarta untuk melakukan dialog dengan orang Papua.

Pernyataannya pada hari Rabu tidak secara langsung membahas rencana kunjungan kantornya ke wilayah tersebut.

Namun dalam komentar yang sebelumnya tidak dilaporkan yang dibuat setelah acara diskusi terbuka di Jenewa, Bachelet mengatakan proses perizinan tidak bergerak maju.

“Kami telah bekerja sama dengan pihak berwenang, tetapi kami belum mendapatkan kemajuan. Tetapi kami akan terus berbicara dengan mereka (pemerintah Indonesia) karena mereka berjanji kepada pendahulu saya untuk memberikan izin kunjungan ke Papua Barat. Kami mencoba untuk terus mendorong pemerintah Indonesia tapi memang belum ada kemajuan. Kami berharap bahwa rencana ini bisa terealisir.

“[Pemerintah Indonesia] telah memberi tahu saya bahwa mereka menantikan kedatangan kami,” tambahnya.

Sumber: Radio New Zealand