Diskominfo Yahukimo Bangun Tower Mini Penguat Koneksi Internet

0
67

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Yahukimo, Papua, bangun tower mini setinggi 30 meter untuk menjawab persoalan buruknya koneksi internet di semua kantor organisasi perangkat daerah (OPD).

Yahik Suhuniap, pelaksana tugas kepala Diskominfo Yahukimo, baru-baru ini kepada suarapapua.com di Dekai, menjelaskan, tower mini tersebut diharapkan dapat memperlancar jaringan internet guna memperlancar pekerjaan aparatur sipil negara (ASN) dari setiap OPD di lingkup pemerintah daerah Yahukimo.

Menurutnya, dengan dibangunnya tower mini sudah bisa memperkuat jaringan untuk beberapa sistem yang sudah terpasang di setiap kantor OPD. Sebab, kata dia, selama ini koneksi internet di setiap OPD belum berfungsi maksimal. Sedangkan sistem-sistem tersebut antara lain sistem absensi sidik jari, aplikasi e-planing, e-budgeting, dan KTP elektronik.

“Sebagai instansi yang diberi tanggung jawab untuk menyediakan fasilitas jaringan internet ke semua OPD, Diskominfo Kabupaten Yahukimo membangun tower mini dengan tujuan untuk menambah kekuatan jaringan internet. Dengan begitu semua OPD yang selama ini mengalami gangguan jaringan internet dapat terlayani dengan maksimal,” tuturnya.

Suhuniap menambahkan, pembangunan tower mini dengan menggunakan dana APBD Kabupaten Yahukimo tahun 2019.

“Harapan kami, dengan tower mini ini dapat mendukung kinerja OPD. Memang koneksi internet selama ini mengalami gangguan dan berdampak terhadap pengiriman dan penerimaan data baik dari dalam maupun luar Yahukimo,” katanya.

Kebijakan tersebut, menurut Yoram, salah satu warga Yahukimo, sangat baik untuk mendukung kinerja pemerintah daerah.

Yoram berharap, dengan adanya tower mini, ASN di Yahukimo bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

“Tower sudah dibangun, jadi tidak ada lagi alasan bagi pegawai tidak masuk kantor. Semua pakai sistem elektronik, termasuk absensi,” ucapnya.

Pewarta: Ruland Kabak
Editor: Markus You