FOTO: Kuburan Tua, Tempat Wisata di Kampung Padwa Biak

0
350

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com— Biak menyimpan berbagai tempat destinasi wisata yang indah. Tidak hanya Biak. Hampir seluruh tanah Papua menyimpan tempat-tempat yang indah. Tanah Papua menyimpan misteri yang tak terhitung.

Foto ini adalah lokasi wisata di Biak. Letaknya di Kampung Padwa – Biak. Adalah lokasi Kuburan Tua. Dimana jaman dulu tete moyang tidak kubur mayatnya tetapi mereka taruh di atas bukit-bukit gunung.

Baca Juga: Foto: Aksi 19 Agustus 2019 di Kota Jayapura

Mengenal pulau ini, para leluhur suku tertua asli di Pulau Padwa ini memiliki tradisi yang tak lazim. Pasalnya, Ketika kebanyakan orang menguburkan jenazah dalam liang kubur, warga Padwa meletakkan jasad dalam peti mati dari kayu kemudian dibiarkan mengering dengan daging dan kulit yang terkelupas sehingga hanya menyisakan tulang-belulang. Prosesnya berlangsung secara manual, memanfaatkan efek uap air asin.

Setelah tinggal tulang dan tengkorak, lalu diangkut dan diletakkan di tebing-tebing batu, tepat di pinggir pantai. Dua tebing utama bernama Kakurandir dan Mukofdi menjadi tempat peristirahatan terakhir orang-orang Padwa.

Baca Juga: FOTO: Ketika Bintang Kejora Berkibar di Sepanjang Jalan Kota Jayapura

Jangan mengaku pernah ke Biak jika tidak berkunjung ke kampung tersebut. Sebab di sini menjadi tujuan menarik untuk kepentingan arkeologi. Di kampung ini tersimpan banyak sejarah dan informasi terkait kehidupan masyarakat dan leluhur Suku Biak. Di sekitaran pemukiman ini, masih dapat ditemukan kuburan tua yang terletak di dalam gua batu dan tebing karang di pinggir pantai.

Fotografer Papuans Photo, Jimmy Manpioper berkontribusi dalam foto dan naskah berita foto ini.

REDAKSI