Fiji dan PM Australia Menyederhanakan Kritikan Baru-Baru Ini

0
64

AUCKLAND, SUARAPAPUA.com — Perdana Menteri Fiji, Frank Bainimarama dan PM. Scott Morrison, mitranya Australia telah membicarakan hubungan negara mereka pada pertemuan bilateral di Canberra.  

Hanya beberapa minggu setelah melontarkan kritik sengit pada Scott Morrison, Bainimarama kemudian mengucilkan perbedaan diantara kedua pemimpin.

AAP melaporkan kedua perdana menteri menandatangani Kemitraan Vuvale Fiji-Australia, yang bertujuan untuk memperkuat hubungan mengenai keamanan dan ekonomi.

Sebelumnya, pemimpin Fiji baru-baru ini menuduh Australia menghina negosiasi tentang perubahan iklim di Forum Kepulauan Pasifik. Dia bahkan mengatakan kepada media bahwa dia keliru dalam kepercayaannya sebelumnya bahwa Morrison adalah temannya.

Tetapi, berbicara di Canberra hari ini, Bainimarama mengakui bahwa seperti Tuan Morrison, dia tidak takut untuk mengungkapkan pikirannya, dan itu dapat membantu memungkinkan pemahaman yang lebih besar antara kedua negara.

Dia mengatakan tidak ada yang berharap bahwa perbedaan mereka dapat diselesaikan dengan cepat atau mudah, tetapi mereka tidak boleh berhenti berusaha mencari titik temunya.

Ini digaungkan oleh Mr.Morrison yang mengatakan hubungan Australia dengan Fiji sudah lama berjalan dan dekat dan akan bertahan lama.

Pac News melaporkan bahwa Bainimarama mendapat sambutan seremonial di Gedung Parlemen pagi ini, dan menyampaikan pidato di Peringatan Perang Australia.

“Hari ini kami membawa hubungan Fiji-Australia ke ke tingkat bersejarah ketika Perdana Menteri Scott Morrison dan saya menandatangani untuk Kemitraan Vuvale,” katanya.

“Ikatan keluarga yang dibangun di antara negara-negara kita membuka jalan menuju tingkat pemahaman dan komitmen baru hari ini dan untuk generasi yang akan datang.”

Diharapkan Mr.Morrison akan melakukan kunjungan resmi ke Fiji pada Januari tahun depan.

Sumber: radionz.co.nz

Editor: Elisa Sekenyap