Pesepak Bola Liga Inggris, “Pepe” dan “Pukki”

0
101

Oleh: Dominggus Mampioper)*

Adalah mantan bek tengah Real Madrid Képler Laveran Lima Ferreira, dikenal dengan nama panggilan di lapangan sepak bola sebagai  “Pepe.” Ia merupaan pemain sepak bola tim nasional Portugal keturunan Brasil. Usai dikontrak Real Madri, pemain kelahiran Maceo, Brasil 26 Februari1983 ini bermain di lini belakang di Besiktas, JK Liga Turki.

Ternyata bukan hanya bek Porto ini saja yang memakai nama Pepe, ada juga pemain liga Inggris di klub Arsenal namanya Nikolas “Pepe.”

Pemain asal Pantai Gading berusia 24 tahun ini resmi menjadi bagian dari skuad Arsenal, pemain sayap ini dilepas klub Lille dengan rekor transfer klub senilai 72 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,2 triliun pada 1 Agustus 2019. Nicolas Pepe resmi menandatangani kontrak selama lima tahun di Emirates Stadium setelah menjalani pemeriksaan medis.

Ia menjadi pemain asal Pantai Gading  termahal keempat dalam sejarah Liga Premier setelah Paul Pogba (89 juta pounds) dan Romelu Lukaku (75 juta pounds) yang kini bermain di Inter Milan, serta bek Liverpool Virgil van Dijk (75 juta pounds). Pepe Memilih Arsenal sebagai Pelabuhan Baru “Berada di sini sangat emosional,” kata Pepe, dikutip dari BBC Sports.

Pukki Pencetak Gol Terbanyak

Selain pesepak bola Pantai Gading, Nicolas Pepe, ternyata ada pula top skor Liga Inggris namanya Teemu “Pukki.”

Ia telah menjadi buah bibir di kalangan pecinta Liga Inggris. Penyerang asal klub Norwich City untuk sementara menjadi top skor Liga Inggris 2019-2020 dengan lima gol. Ia sukses mengungguli beberapa nama besar seperti Raheem Sterling dan Mohamed Salah.

Pemain berkebangsaan Finlandia tersebut adalah top skor Divisi Championship musim 2018-2019 dengan torehan 29 gol. Catatan itu bahkan lebih banyak dari top skor Premier League musim lalu (Pierre-Emerick Aubameyang, Mohamed Salah, Sadio Mane), yang hanya 22 gol.

Selain berkat lima golnya, nama Teemu Pukki juga naik daun karena gim Fantasy Premier League (FPL). Torehan lima gol dan satu assist dari tiga laga yang dijalani, membuat penyerang berusia 29 tahun itu menuai 35 poin. Dengan harga hanya 6,5 juta poundsterling, ia menjadi alternatif striker murah berkualitas.

Pemain bernama lengkap Teemu Eenio Antero Pukki itu lahir di Kotka, Finlandia, pada 29 Maret 1990. Ia menimba ilmu di akademi FC KooTeePee dan lulus pada 2005. Karier profesionalnya dimulai pada Januari 2006 bersama tim U-19 klub tersebut.

Arti Pepe dan Puki Bukan Pukki

Bagi orang-orang Indonesia dari Timur, nama Pepe dan Pukki so pasti tara asing lae (tidak asing lagi) bagi dong pu (mereka punya ) telinga. Itu kata makian yang sangat kasar apalagi kalau sudah tambah kata mai.

Padahal kata pepe sendiri menurut Kamus Basaha Indonesia adalah “pepe1/pe·pe/ /pépé/ Jk n” kue manis yang dibuat dari tepung dan dibuat berlapis-lapis dalam cetakan. Berbeda kalau mengutip arti pepe dalam bahasa Manado dalam bahasa Indonesia artinya maaf kemaluan perempuan atau vagina.

Bagaimana dengan kata puki, bukan pukki.?

Definisi/arti kata ‘puki‘ di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah n cak kemaluan perempuan;– mai kata makian yang sangat kasar. Definisi/Arti kata puki di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online adalah cak kemaluan perempuan,pukipuki mai kata makian yang sangat kasar. (*)

)* Penulis adalah jurnalis senior dan saat ini redaktur di Koran Jubi