Resolusi Tiga Partai Tahun 1961 di Papoea

0
3390
Resolusi yang dikeluarkan tiga Partai (PONG, EPANG dan SSM) pada 25 Februari 1961. (Dok. Arsip)

PARTAI PARTAI ORANG NIEUW GUINEA (PONG)
PARTAI EENHEIDSPARTIJ NIEUW GUINEA (EPANG)
PARTAI SAMA SAMA MANUSIA (SSM)

Sorong-Doom, 25 februari 1961.
No. 11/PONG/EPANG/SSM/1961.
Pokok: Resolusi.

Kami penduduk tanah Nederlands Nieuw Guinea tidak menerima baik tentang omongan2 (kosong) dari pihak Indonesia.

  1. Ditanah Nederlands Nieuw Guinea, anak asli ada berontak (pemberontak) tentang mereka tidak senang dengan Pemerintah Belanda. Ini omongan2 atau kabar2 mengenai dalam hal ini, adalah: TIDAK BENAR !!!
  2. Kebanjakan anak asli sudah lari dari negerinja sendiri (Nederlands Nieuw Guinea) kepulau-pulau Indonesia. Kami tidak perlu lari dari negeri kami sendiri. KAMI TIDAK PERLU LARI.
  3. Kami anak asli Nederlands Nieuw Guinea tidak senang (perkara) Pemerintah Djerman Barat, Amerika dan Rusia kasih perkakas alat2 perang kepada Indonesia. Kami merasa alat perang ini semata-mata mau dipakai untuk membikin susah kami. Kami mau berdiri sendiri dan tidak mau dibawah Indonesia. Kami meminta, agar Pemerintah Rusia tidak boleh tjampur dengan negeri kami (Nederlands Nieuw Guinea). Ini bukan tanah dan orang Hongaria.
  4. Pura2 dalam siaran radio Indonesia mengkabarkan tentang ditanah Nederlands Nieuw Guinea ada banjak susah dan ritju. Kabar ini semata-mata omong-kosong belaka. Kami hidup disini dengan senang dan tidak kurang apa2. Tentang tanah kami Nederlands Nieuw Guinea ada MADJU BETUL.
  5. Indonesia harus ingat betul, disini bukan tanah Irian, tetapi tanah PAPOEA. Kami tidak mau menerima Indonesia disini. Kami sudah kenjang dengan propoganda Indonesia. Indonesia djangan ganggu dengan tanah kami (Nederlands Nieuw Guinea) jang ada dalam damai ini. Disini bukan Komunis dan bukan Kolonialis, melainkan kami disini adalah DEMOKRASI 100% untuk dan bagi segala Bangsa.
  6. Indonesia tidak berhak dengan tanah Papoea. Dulu tidak ada dan sekarang djuga tidak bisa berkuasa disini (ditanah Papoea). Indonesia lain dan PAPOEA lain.

ATAS NAMA PARTAI-PARTAI POLITIEK TERSEBUT,

PARTAI SAMA SAMA MANUSIA,

Ketua I S. S. M.,

Husain WARWEY

Secretaris I S. S. M.,

M. Ongge

 

Resolusi yang dikeluarkan tiga Partai (PONG, EPANG dan SSM) pada 25 Februari 1961.

Pewarta: Andy Tagihuma