Pemkab Yahukimo Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Lokal

1
1592

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Asisten Tiga Setda Kabupaten Yahukimo, Aron Wanimbo mengajak seluruh masyarakat Yahukimo di 51 distrik dan 117 kampung agar mengembangkan potensi lokal yang ada di masing-masing kampung.

“Dimana ada kampung yang cocok dengan tanaman kopi, kembangkan kopi. Jika cocok untuk tanam sayur-mayur maka kembangkan itu, kemudian jika beternak babi maka beternak babi,” kata Wanimbo kepada suarapapua.com usai membuka kegiatan Pelaksanaan Bursa Inofasi Desa yang digelar Dinas Pemberdayaan Kampung Kabupaten Yahukimo di aula Otto Kobak Mission Center Dekai, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga:  ULMWP Kutuk Penembakan Dua Anak di Intan Jaya

Ia mengatakan, kegiatan pelaksanan bursa inofasi desa yang dilakukan pihaknya itu sangat bagus, dimana membantu pemerintah kampung untuk memahami cara menggunakan dana kampung itu sendiri.

Baca juga: Kemenhub akan Kembangkan Bandara Nop Goliat Yahukimo Tahun Depan

Selain itu pada masa era globalisasi dan daya saing yang tinggi maka masyarakat yahukimo harus mempersiapkan diri dan menggarap atau mengelola potensi lokal yang ada di masing-masing kampung itu.

ads

“Bursa inofasi adalah menemukan yang baru, sehingga walaupun sudah ada namun kita pegang menjadi pedoman untuk belajar dan bekerja, sekaligus kelola potensi lokal itu oleh kita sendiri,” jelasnya.

Baca Juga:  Pertamina Pastikan Stok Avtur Tersedia Selama Arus Balik Lebaran 2024

Ia juga mengakui bahwa apa yang dilakukan pihaknya bagian dari bagaimana mendukung program presiden Jokowi dengan mengembangkan suatu daerah dari kampung ke kota.

Sementara itu, Rudi Maniagasi, tenaga ahli pembangunan partisipatif Kabupaten Yahukimo mengatakan, kegiatan inofasi desa ini untuk di Kabupaten Yahukimo merupakan yang pertama kali dilakukan.

Baca juga: Masyarakat Kimyal Tolak Bantuan Ternak Babi Dari Polres Yahukimo

Baca Juga:  Hujan di Sorong, Ruas Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang Air

Ia juga mengaku bahwa dalam kegiatan ini pihaknya menggunakan dana dari dana desa anggaran tahun 2019.

Rudi juga menambahkan, kegiatan inofasi desa terlaksana atas ide-ide khusus dari 510 pemerintah kampung yang telah berkomitmen.

“Ini semua karena ide-ide khusus 510 dari 117 pemerintah kampung. Juga agar dana desa ini memberikan inspirasi kepada 517 kampung untuk segera menjalankan dana kampung dengan jelas sesuai aturan,” tutupnya.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaPemkab Diminta Gunakan Bahasa Dialek Papua Dalam Pelayanan
Artikel berikutnyaSekda Papua Apresiasi Kegiatan ‘Live Surgery Conference Asia Pacific’