Abock Busup: Pemerintah dan Masyarakat Dukung Kehadiran TNI

0
119

DEKAI,SUARAPAPUA.com— Bupati Kabupaten Yahukimo Abock Busup menghadiri HUT TNI yang Ke-74 yang dirayakan di Koramil 1702 Dekai pada hari Sabtu tanggal 05 Oktober 2019.

Dalam sambutanya,  Abock Busup  mengatakan, pemerintah daerah dan masyarakat Yahukimo mendukung kehadiran TNI yang  berperan  sebagai pelindung rakyat Indonesia khususnya di Kabupaten Yahukimo.

Selain itu, Bupati Abock juga meminta kepada masyarakat Yahukimo untuk mendekatkan diri kepada TNI, sebab TNI hadir untuk menjaga dan melindungi masyarakat.

Kita harus mendukung TNI karena situasi di Papua saat-saat ini kan sedikit kurang kondusif. Dalam situasi begini kita akan tetap laksanakan sama-sama kita mendukung kehadiran TNI di kabupaten ini,” ujarnya.

- Iklan -

Sehingga, kata dia, baru saja kita sudah melaksanakan pesta bersama untuk TNI ke-74 di Yahukimo sehingga masyarakat Yahukimo juga semakin akrab, dekat dan mencintai TNI.

“Bersama masyarakat TNI kuat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Perwira Penghubung Kodim 1702 Jayawijaya di Dekai, Mayor Infantri Ivan Pambudi menegaskan bahwa prajurit TNI siap bekerja secara profesional di bidang apa saja untuk membantu kepentingan rakyat di Papua, khususnya di Kabupaten Yahukimo.

“Karena apabila kita profesional pasti akan dicintai rakyat dan semakin dekat sama rakyat. Kita bisa menjadi guru, kita menjadi tim kesehatan untuk membantu kesehatan di sini dan dimana-mana yang belum ada tenaga medisnya,” kata Ivan kepada pers usai perayaan HUT TNI.

Selain itu, Ivan juga berharap ke depan, akan banya pemuda asli Yahuhimo menjadi prajurit TNI. Saat ini, pihaknya sudah membuka pendaftaran untuk test gelombang kedua.

“Silahkan yang mau mendaftar. Dibutuhkan sangat-sangat banyak untuk prajurit Orang Asli Papua apalagi asli pegunungan itu sangat dibutuhkan. Terus terang kemarin hanya satu saja yang lolos. Tapi harapan saya kedepan bisa lebih dari satu. Kenapa? Yang bisa menjaga daerah itu adalah orang asli itu sendiri. Kita hanya membantu,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Ivan juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Yahukimo untuk menjaga kondisi Yahukimo agar tetap kondusif. Masyarakat diminta tetap menjaga persatuan dan persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku dan agama.

“Keamanan itu sendiri bukan tanggungjawab TNI/Polri sepenuhnya tetapi tanggungjawab bersama masyarakat, baik masyarakat pendatang, masyarakat asli Yahukimo ditambah dengan aparat keamanan bekerja sama menjaga keamanan daerah ini. Apabila sudah bisa menjaga sama-sama yakin Yahukimo akan aman, damai sesuai dengan motto Kabupaten Yahukimo. Itu saja,” tutup Ivan

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Arnold Belau

Print Friendly, PDF & Email