Masyarakat Yahukimo Terima 800 Unit Rumah Dari Kementerian RI

0
29

DEKAI, SUARAPAPUA.com — Kementerian Perumahan dan Kawasan Pemukiman Republik Indonesia telah membantu 125 unit rumah kepada masyarakat Yahukimo yang saat ini sedang dibangun.

Bantuan itu disalurkan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Yahukimo.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Yahukimo Daud Gombo kepada suarapapua.com di Dekai, Senin (7/10/19) mengakui, bantuan rumah huni itu secara keseluruhan berjumlah 800 unit, sementara yang telah dibantu dan sedang dibangun berjumlah 125 unit.

Baca juga: Bupati Yahukimo Kunker ke Distrik Nalca Hadiri Tiga Kegiatan

Gombo mengakui, bantuan tersebut disalurkan secara bertahap dan disalurkan langsung kepada masyarakat Yahukimo sesuai dengan jumlah penduduk yang ada di masing-masing distrik dan kampung.

Ia juga mengatakan, bantuan itu tidak hanya berupa rumah baru, tetapi juga dalam bentuk renovasi bangunan rumah masyarakat yang telah rusak.

“Kami menerima bantuan istimulan terbanyak di Indonesia yang berjumlah 800 penerima bantuan. Sayangnya, bantuan ini kami tidak bisa salurkan kepada warga masyarakat di 51 distrik dan 117 kampung sesuai rencana karena keterbatasan anggaran dan kondisi geografis yang sulit,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Yahukimo Ajak Masyarakat Kembangkan Potensi Lokal

Dengan demikian lanjutnya, bantuan perumahan itu dialihkan ke Dekai, Ibu Kota kabupaten yahukimo.

Gombo juga menjelaskan mengenai anggaran yang digunakan untuk membangun rumah-rumah itu. Dimana satu unit rumah dibiayai dengan dana Rp35 juta, sementara tukang yang telah direkrut dan melakukan pekerjaan sebanyak 100 orang, namun tukang lainnya kembali ke daerah masing-masing.

Sementara, seorang warga masyarakat Yahukimo yang bernama Tobias Yahuli memberikan apresiasi, sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Yahukimo yang telah menghadirkan bantuan bahan bangunan instimulan bagi masyarakat Yahukimo.

Baca juga: Kemenhub akan Kembangkan Bandara Nop Goliat Yahukimo Tahun Depan

“Terima kasih kepada pak Gombo yang sudah berusaha menyalurkan bantuan bahan bangunan instimulan ini di Kabupaten Yahukimo,” tukas Yahuli.

Pewarta : Ruland Kabak

Editor     : Elisa Sekenyap