Sinode GKI Bantu Persipura, Tidak Bantu Nduga

0
2921
Pdt. Andrikus Mofu, ketua Sinode GKI di Tanah Papua saat memberikan sambutan dalam malam penyerahan uang seniali Rp250 juta. (Paraparatv.id)
adv
loading...

Oleh: Yosef Rumaseb)*

Saya Gagal Paham

Sebuah berita menarik muncul di youtube. Isi berita itu BP-AM Sinode GKI Di Tanah Papua memberikan donasi dana Rp 250 juta kepada Persipura Jayapura. Donasi itu menurut Ketua Sinode adalah untuk dibagi-bagi sebagai uang saku bagi para pemain.

Sungguh saya gagal memahami berita ini. Ada tiga pertanyaan besar, pertama tentang landasan Alkitabiah pemberian sumbangan ini, kedua tentang sumber dana itu dari mana dan ketiga uang itu akan digunakan untuk apa.

ads

Dalam lingkup GKI di Tanah Papua, dana yang diberikan oleh jemaat ke gereja dan diteruskan melalui klasis ke Sinode GKI itu bersumber dari persembahan perpuluhan yang merupakan hak dari hamba- hamba TUHAN.

Trus, sumbangan BP-AM Sinide GKI kepada Persipura itu dari mana: apakah ini persembahan perpuluhan dari Pimpinan BP-AM Sinode GKI? Apakah ini bersumber dari pengucapan syukur? Jika itu yang terjadi maka kiamat sudah tiba. Sebab seharusnya semua unsur Persipura sebagai yang memberikan persembahan kepada TUHAN melalui gereja, bukan gereja memberikan persembahan kepada Persipura sebagai uang saku para pemain.

Baca Juga:  Vox Populi Vox Dei

Dana Sinode GKI itu adalah dana yang dikumpul dari umat GKI di Tanah Papua termasuk mungkin dari janda miskin, duda yatim piatu yang memberikan derma dari kekurangan hidup sehari-hari untuk menunjang pekabaran Injil melalui Sinode. Jadi, Sinode GKI di Tanah Papua pada kasus ini seperti mengambil ayam satu-satunya milik janda miskin dan mengolahnya jadi opor ayam untuk kasih makan orang kaya pada hal orang kaya itu yang punya sapi peliharaan banyak dan kulkasnya penuh berisi makanan.

Sebagai warga jemaat GKI di Tanah Papua, saya gagal paham. Apa tujuan pemberian dana bagi Persipura. Apakah agar Persipura memberitakan Injil? Bukankah olah raga harus sportif dan bebas dari kampanye politik atau SARA?

Akan celaka bagi Persipura jika persembahan yang dikumpulkan dengan susah payah dari jemaat untuk pekabaran Injil diberikan kepada pemain Persipura sebagai uang saku. Apalagi jika uang itu dipakai untuk minum mabuk. Celakalah Persipura.

Baca Juga:  Freeport dan Kejahatan Ekosida di Wilayah Suku Amungme dan Suku Mimikawee (Bagian 4)

Persipura, Bantulah Pengungsi Nduga 

Sementara itu, saya mencari berita di google mengenai ada tidaknya bantuan BP-AM Sinode GKI bagi pengungsi Nduga tapi saya tidak temukan. Tidak ada berita sama sekali.

Tidak ada berita sama sekali bisa berarti Sinode GKI di Tanah Papua sama sekali tidak pernah membantu pengungsi Nduga atau pernah membantu tetapi tidak membuat publikasi di media.

Ada ribuan orang pengungsi Nduga ketakutan terhadap keamanan jiwanya dan yang kelaparan dalam pengungsian. Kesakitan. Ketakutan. Bahkan baru saja diberitakan ada 5 orang yg dibunuh, diduga oleh oknum aparat TNI dan 3 di antaranya adalah perempuan. Ada sekitar 200 pengungsi yang mati. Tapi saya sama sekali tidak menemukan berita adanya bantuan yang diserahkan dari Sinode GKI Papua langsung oleh Ketua Sinode dan Wakil Ketua Sinode dengan liputan wartawan dan ada pidato mereka di depan pers mengenai keberpihakan GKI sebagai gereja sebagaimana teladan Yesus Kristus Kepala Gereja kepada mereka yang terlupakan.

Oleh sebab itu saya mengusulkan kepada para pengurus dan pemain Persipura untuk mengalihkan bantuan dari Sinode GKI di Tanah Papua itu untuk membantu pengungsi Nduga. Jangan pakai untuk keperluan Persipura. Pakailah itu untuk menyelamatkan nyawa pengungsi Nduga memuliakan Nama TUHAN.

Baca Juga:  Freeport dan Fakta Kejahatan Kemanusiaan Suku Amungme dan Suku Mimikawee (Bagian 3)

Meneruskan sumbangan dari BP-Am Sinode GKI di Tanah Papua kepada Pengungsi Nduga itu adalah bentuk kepedulian sosial Persipura atas tragedi kemanusiaan di tanah kita. Seperti kepedulian yang sudah pernah ditujukkan Persipura terhadap masalah AIDS dan rasisme.

Pemakaian sumbangan dari Sinode GKI kepada Persipura untuk misi kemanusiaan dan kemuliaan Nama TUHAN akan menuai doa dan berkat dari umat. Sebaliknya, penggunaan dana itu untuk keperluan pribadi pemain Persipura justru akan menuai keluhan dari jutaan umat GKI dan keluhan itu akan sampai kepada TUHAN yang adalah sumber berkat, sumber kemenangan maupun kekalahan.

TUHAN berkati GKI, TUHAN berkati Persipura, TUHAN berkati Nduga, TUHAN berkati Papua.

17 Sept 2019

)* Penulis adalah anak kampung, warga GKI dan Pecinta Persipura, tinggal di Biak

Artikel sebelumnyaKOMISI Somatua Intan Jaya akan Bentuk Cabang di Daerah
Artikel berikutnyaIni Harapan Anggota DPD KNPI Yahukimo