Pacific Games 2023: Solomon Islands Mengajukan Proposal Dukungan ke China

0
1310

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Kepulauan Solomon telah mengajukan proposal terperinci ke China untuk dukungan dalam menyelenggarakan Pesta Olahraga Pasifik tahun 2023.

ABC melaporkan, Perdana Menteri Solomon Islands, Manase Sogavare pekan lalu mengumumkan bahwa China telah menjanjikan dana hibah lebih dari US $ 50 juta setara dengan Rp.704,1 M (dengan kurs 1 USD = 14.096 ribu rupiah) lebih untuk mendukung penyelenggaraan pertandingan.

Baca Juga: Sidang Perintah Penangkapan Mantan PM PNG Ditunda

Baca Juga:  Angkatan Bersenjata Selandia Baru Tiba di Honiara Guna Mendukung Demokrasi Pemilu Solomon

Pengumuman Mannaseh Sogavare datang setelah kunjungan kenegaraan bersejarah ke China menyusul terputusnya hubungan diplomatik dengan Taiwan.

Seorang penasihat senior untuk Pemerintah Solomon, Clint Flood mengatakan, sejak pergantian diplomatik mereka telah bertemu dua kali dengan tim-tim dari China mengenai dukungan untuk acara tersebut.

ads

Kata Flood, Beijing sekarang mempertimbangkan proposal Kepulauan Solomon, yang melibatkan Cina mengambil alih komitmen Taiwan sebelumnya, termasuk pembangunan Stadion Utama dan beberapa tempat penting lainnya.

Baca Juga:  Pemimpin Papua Nugini Mengklaim Oposisi Menyalahgunakan Proses Parlemen

“Jadi sebelumnya ketika kami meminta Taiwan melakukan stadion utama, dan kemudian beberapa proyek lain di sampingnya,” jelas Flood.

Baca Juga: Menlu Selandia Baru: Inggris ‘Walk Out’ Dari Pasifik

“Kami sekarang telah berkonsolidasi dan berkata baik, kami percaya bahwa China akan tertarik dan mungkin akan mendukung kompleks yang direvisi yang akan memiliki stadion utama, dan di sebelahnya beberapa fasilitas lain yang diperlukan untuk Olimpiade.”

Baca Juga:  Diperkirakan Akan Ada Banyak Demonstrasi di Kaledonia Baru

Katanya, garis waktu yang sedang dikerjakan otoritas nasional bertujuan untuk memiliki konstruksi mulai pertengahan 2020 dengan semua fasilitas akan selesai pada Desember 2022, dimana enam bulan sebelum upacara pembukaan pertandingan.

Kepulauan Solomon juga sedang dalam proses penyelesaian komitmen pendanaan dari pihak donor lain untuk permainan.

Sumber: radionz.co.nz

Editor: Elisa Sekenyap

Artikel sebelumnyaSidang Perintah Penangkapan Mantan PM PNG Ditunda
Artikel berikutnyaPentingnya Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi Papua