Sembilan Mahasiswa Stikom Magang di Kantor Redaksi Suara Papua

0
59

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sembilan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Muhammadiyah Jayapura, Papua, magang di Kantor Redaksi suarapapua.com, Jl. Ita Wakhu Purom, Padang Bulan, Abepura, kota Jayapura.

Kegiatan magang bagi mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020 itu dimulai hari Jumat (18/10/2019) pekan lalu, setelah menerima surat dari ketua Stikom bernomor 375/II.3AU/B/2019 tanggal 12 Oktober 2019, dan 385/II.3AU/B/2019 tanggal 15 Oktober 2019, dengan perihal permohonan magang.

Dijelaskan dalam dua surat itu, mahasiswa semester akhir angkatan XVII diwajibkan melaksanakan kegiatan magang atau praktik kerja jurnalistik (PKJ) selama satu bulan di kantor redaksi suarapapua.com.

Arnold Belau, Pimpinan Redaksi suarapapua.com, saat bertatap muka yang kedua kali dengan mahasiswa magang di ruang redaksi, Senin (21/10/2019) menyampaikan, selama delapan tahun media Suara Papua didirikan, baru pertama kali ada mahasiswa memilih magang di sini dan sembilan mahasiswa tersebut diakuinya jumlah yang banyak.

- Iklan -

“Tim kami akan mendampingi langsung, juga menjelaskan lebih lanjut pada saat pemaparan sejumlah materi penting termasuk seputar media suarapapua.com,” katanya.

Tugas pertama bagi peserta magang adalah membuat listing berita yang telah diterbitkan suarapapua.com sejak bulan Januari hingga September 2019.

“Kalian juga akan dibekali dasar-dasar jurnalistik, perencanaan liputan, teknik wawancara, menulis berita, memotret foto berita, serta beberapa materi terkait mata kuliah. Dapat teori langsung praktik, kami dampingi,” jelasnya.

Arnold akui waktu yang disediakan kampus selama sebulan, tetapi efektifnya hanya 12 hari karena selain beberapa hari terlewatkan lantaran telat koordinasi dengan tempat magang, juga karena hari Sabtu dan Minggu libur.

Uniknya, mahasiswa magang dari Jurusan Jurnalistik itu tidak diantar pihak kampus. Mereka hanya diberikan surat saja untuk diantar ke kantor redaksi Suara Papua.

“Sebenarnya magang atau praktek kerja begini ada dosen yang antar. Hal ini kemungkinan kami akan tanya,” imbuhnya.

Selain Arnold Belau, proses magang akan didampingi langsung oleh tiga Redaktur suarapapua.com: Markus You, Andy Tagihuma, dan Elisa Sekenyap.

Terpisah, Hengky Yeimo, ketua Komunitas Sastra Papua (KoSaPa) yang juga alumnus Stikom Muhammadiyah Jayapura, mengapresiasi niat mahasiswa memilih magang di kantor redaksi suarapapua.com.

“Ini satu langkah maju. Masyarakat Papua secara intelektual percaya suarapapua.com, sehingga awal ini teman-teman di Suara Papua harus mampu menjawab kebutuhan dari mahasiswa Stikom, supaya kepercayaan publik kepada media di Tanah Papua tetap ada,” tuturnya.

Adapun mahasiswa Stikom yang sedang magang di suarapapua.com: Daud Pigai, Aron Pahabol, Agustinus Yumai, Akeni Balingga, Apinus Tabuni, Yulianus Yeimo, Ayub Lengka, Agustinus Walilo, dan Hesanus Balingga.

Pewarta: Ardi Bayage

Editor: Markus You