Nasional & DuniaTiga Orang Terbunuh Jelang Kunjungan Presiden ke Papua

Tiga Orang Terbunuh Jelang Kunjungan Presiden ke Papua

AUCKLAND, SUARAPAPUA.com — Tiga orang terbunuh oleh pemberontak di Papua Barat, Indonesia pada, Jumat pekan kemarin menjelang kunjungan presiden ke wilayah yang selama ini bermasalah itu.

Militer Indonesia mengklaim bahwa yang tewas adalah pengemudi sepeda motor yang adalah warga sipil, sementara Tentara Pembebasan Papua Barat (TPNPB) mengatakan bahwa mereka yang terbunuh adalah anggota TNI.

Baca Juga:  Wawancara Eksklusif Daily Post: Indonesia Tidak Pernah Menjajah Papua Barat!

Baca juga: NZ Membantu Negara-Negara Pasifik Dengan Merespon Campak

Insiden di Kabupaten Intan Jaya adalah salah satu dari banyak bentrokan yang disengketakan antara pemberontak dan negara di daerah pegunungan Tengah Papua yang terjadi sejak Desember.

Juru bicara militer, Eko Daryanto yang dikutip dari media pemerintah mengatakan, ketiga pengemudi itu ditembak mati, sebelum tubuh mereka dibacok dengan parang.

Baca Juga:  MSG Sedang Mengerjakan Kerangka untuk Merampingkan Perdagangan Lintas Batas

Baca juga: PM Tuvalu Mencari Bantuan ke Jepang Untuk Bangun ‘pulau buatan’

Sebuah laporan dari Pasukan Pembebasan pro-kemerdekaan Papua mengakui bahwa tentara yang mereka klaim tembak telah tewas dalam baku tembak.

Kantor Berita Antara melaporkan, Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi Papua pada hari Minggu kemarin.

Sumber: radionz.co.nz
Editor: Elisa Sekenyap

Baca Juga:  Ancaman Bougainville Untuk Melewati Parlemen PNG Dalam Kebuntuan Kemerdekaan

Terkini

Populer Minggu Ini:

HRM Rilis Laporan Tahunan 2023 Tentang HAM dan Konflik di Tanah...

0
Selain kasus pengungsian, diuraikan dalam laporannya sejumlah pelanggaran hak sipil dan politik antara lain impunitas, pembunuhan dan penyiksaan, kebebasan berekspresi, kesehatan, pendidikan, serta konflik bersenjata.

Fortnightly updates in English about Papua and West Papua from the editors and friends of the banned 'Suara Papua' newspaper.