31 Mahasiswa Stikom Muhammadiyah Jayapura Yudisium

0
1901

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Sedikitnya 31 mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Muhammadiyah Jayapura, Papua, mengikuti acara yudisium angkatan ke-XV tahun akademik 2019/2020, Jumat (24/10/2019) di aula kampus yang terletak di kawasan Tanah Hitam, distrik Abepura.

Dr. Indah Sulistiani, Wakil Ketua I Bidang Akademik Stikom Muhammadiyah Jayapura, mengatakan, yudisium menandai tuntasnya proses perkuliahan selama delapan semester di perguruan tinggi swasta ini.

“Mahasiswa mengikuti yudisium berarti mereka sudah berhasil menyelesaikan studi diploma tiga Hubungan Masyarakat dan strata satu Ilmu Komunikasi. Kami dari pihak akademik berharap agar mereka sudah siap mengikuti wisuda,” katanya saat diwawancarai tiga mahasiswa magang Stikom Muhammadiyah Jayapura di kampus usai acara yudisium, Jumat (24/10/2019).

Indah menjelaskan, 31 peserta yudisium ini tercatat sebagai mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020 dari total 113 mahasiswa yang sebagian lainnya menunggu tahap kedua.

Baca Juga:  Seruan dan Himbauan ULMWP, Markus Haluk: Tidak Benar!

Setelah yudisium hari ini dan wisuda yang menurut rencana akan dilaksanakan dalam waktu dekat, ia berharap para lulusan Stikom pada tahun ini dapat mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan di tengah masyarakat.

ads

“Tentu saja kami sangat mengapresiasi keberhasilan mahasiswa-mahasiswi ini. Banyak tantangan dan kendala yang telah dihadapi, dan itu wajar sebagai manusia pasti melewati masa-masa yang sulit, termasuk dalam proses perkuliahan. Seluruh pengalaman itu merupakan bekal bagi adik-adik sekalian jika nanti selesai kuliah, sudah siap menjalani kehidupan sejati di tengah masyarakat. Kami doakan agar mereka nantinya segera mendapat pekerjaan,” tuturnya berharap.

Baca Juga:  Pembangunan RS UPT Vertikal Papua Korbankan Hak Warga Konya Selamat dari Bahaya Banjir, Sampah dan Penggusuran Paksa

Ribuan alumni dari kampus ini diakui sebagian besar telah terserap di dunia kerja.

“Untuk itulah harus pandai dan bijak dalam memanfaatkan pengalaman belajar demi meraih cita-cita kedepan. Memberi kebahagian bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan tetap menjaga almamater Stikom,” kata Indah.

Sementara, Brian Dieter W.M Dimara, salah satu peserta yudisium angkatan ke-XV Stikom Muhammadiyah Jayapura, mengungkapkan rasa senangnya setelah sukses melewati segala dinamika sebagai mahasiswa.

“Ya, sangat bahagia karena selama empat tahun kami mahasiswa menjalani perkuliahan dan hari ini puncaknya secara resmi mendapat titel di belakang nama kami,” ucapnya.

Brian Dieter W.M Dimara (baju putih) bersama tiga mahasiswa magang di Suara Papua usai meliput acara yudisium angkatan ke-XV STIKOM Muhammadiyah Jayapura. (IST – SP)

Dimara juga ucapkan terima kasih kepada pimpinan beserta segenap dosen, juga seluruh mahasiswa dan keluarga serta siapapun yang telah berjasa dalam proses perkuliahan di kampus Stikom.

Baca Juga:  Akomodir Aspirasi OAP Melalui John NR Gobai, Jokowi Revisi PP 96/2021

Hamim Mustofa, salah satu dosen di Stikom Muhammadiyah Jayapura, menjelaskan, yudisium diadakan tiap tahun akademik bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan proses perkuliahan dari semester 1 hingga 8, termasuk mengikuti praktik kerja nyata (PKN), pengajuan proposal, penelitian dan penyusunan skripsi hingga ujian skripsi.

“Setelah yudisium nanti ada prosesi wisuda, dan tanggal wisudanya akan diinformasikan,” imbuhnya.

Semenjak dididirkan pada 26 September 2001 hingga kini, Stikom telah meluluskan 1.601 orang. Dengan rincian, 266 orang dari D3 Humas dengan gelar Ahli Madya (A.Md) dan 1.335 orang di S1 Ilmu Komunikasi dengan gelar Sarjana Ilmu Komunikasi (S.I.Kom).

Pewarta: Yulianus Yeimo, Aron Pahabol, Agustinus Walilo
Editor: Markus You

Artikel sebelumnyaMahasiswa Yahukimo di Jayapura Butuh Perhatian Pemkab
Artikel berikutnyaPeringati Hut Sumpah Pemuda, KNPI Gelar Lomba Lari Maraton