Bahas Masalah Regional, Pemimpin Gereja Pasifik Gelar Pertemuan di Fiji

0
66

SUVA, SUARAPAPUA.com— Para pemimpin gereja Pacific berkumpul di Suva, Fiji, minggu ini untuk membahas masalah-masalah yang mempengaruhi jemaat-jemaat secara regional di wilayah ini.

Agenda puncak adalah tentang model pengembangan yang dirancang oleh lembaga donor internasional dan yang dipaksakan kepada pemerintahan di pulau-pulau kecil dan rakyatnya.

Baca juga: Oposisi PNG Desak PM Bawa Soal Papua ke PBB

Pada hari, Sabtu (9/11/2019) para pemimpin akan mengadakan sesi tertutup dengan rekan-rekan mereka dari gereja-gereja di Australia dan pejabat Departemen Luar Negeri serta Perdagangan Australia.

Ini adalah bagian dari peningkatan keterlibatan Australia di tingkat komunitas, khususnya dengan gereja-gereja Pasifik, sebagai bagian dari inisiatif “Step Up regionalnya”.

Pdt.James Bhagwan dan salah seorang delegasi gereja Pasifik di Suva, Fiji. (Dok.PCC)

Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Konferensi Gereja-Gereja Pasifik akan membahas perkembangan pendidikan, perubahan iklim, peningkatan kekerasan di masyarakat – khususnya terhadap perempuan dan anak-anak – dan pelanggaran hak asasi manusia di Papua Barat.

Baca juga: Mahasiswa: Penyerapan Tenaga Kerja Lokal di Papua Barat Minim

Penentuan nasib sendiri politik di Bougainville, Kanaky (Kaledonia Baru) dan Maohi Nui (Polinesia Prancis) juga akan dibahas.

Para pemimpin dari Pohnpei dan Negara Federasi Mikronesia tiba lebih awal pada hari, Rabu lalu dan mereka bergabung dengan rekan-rekan dari Kepulauan Cook, Niue, Maohi Nui (Polinesia Prancis), Samoa, Vanuatu bersama dengan delegasi yang kuat dari Papua Barat.

Delegasi dari Papua Nugini, Tonga dan Kepulauan Solomon hari ini dengan rekan-rekan mereka dari Fiji.

 

Sumber: pacificconferenceofchurches.org

Editor: Elisa Sekenyap

Print Friendly, PDF & Email