Eldona Vallenzie Sokoy, Dulu Kerja di Kafe, Sekarang Punya Kafe Sendiri

0
66

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dulu kerja di Kafe, sejak 2017 Eldona Vallenzie Sokoy seorang perempuan Papua yang memilih untuk membuka kafe sendiri dengan konsep social awareness dan lokal bisnis.

Dengan modal berani, perempuan asal Sentani ini memilih untuk membuka kafe dengan nama Coffee & You Jayapura yang beralamat Alamat Cafe Jl. Ahmad Yani No.24, Depan Bank Mandiri, Kota Jayapura.

Selama dua tahun menjalankan usaha ini, Sokoy mengungkapkan, banyak pelanggan memberikan respon yang baik untuk usaha yang sedang dikelolanya.

“Kalau kafe ini sendiri sudah dua tahun berjalan, dari bulan agustus 2017 sampai sekarang. Responnya sangat bagus, karena mereka [pengunjung] menilai saya sebagai perempuan Papua yang berani keluar dari adat istiadat di Papua kalau perempuan selalu di belakang,” katanya kepada suarapapua.com, Sabtu, (9/11/2019) di Kota Jayapura.

- Iklan -

Baca Juga: Felix Semu Terapkan Ilmu Bisnis dengan Usaha Es Jeruk

Caffe & You Jayapura mempunyai desain café minimalis dengan berbagai varian kopi dan juga menu makanan ringan lainnya. Sokoy memutuskan untuk merenovasi tempat usahanya agar bisa lebih luas dan juga bisa menambah menu makanan yang lebih banyak.

“Kalau untuk kopi kita punya dari Pegunungan Bintang, Wamena, Kurima, Ambaiduri ada juga dari luar Papua seperti Kopi Toraja, Bali dan Wonosobo. Saya renovasi karena lantainya sudah kurang layak dan harus diganti, kemudian mau ditambah ke atas untuk balconya. Kita kejar nanti buka lagi di akhir November atau awal Desember,” ungkapnya menjelaskan.

Sokoy berharap, anak – anak muda Papua yang ingin memulai usaha agar jangan pernah takut dan harus mandiri untuk membangun ekonomi kreatif.

“Harapannya supaya anak-anak Papua ini lebih mandiri. Saya melihat mereka masih takut dan belum mampu keluar dari zona nyaman. Untuk perempuan muda Papua supaya kita isi spot-spot pengusaha yang ekonomi kreatif. Jangan kita hanya di fisik, pengadaan dan juga proyek pemerintahan saja,” harapnya.

Baca Juga: Dulu Jual Makanan di Sosmed, Sekarang Punya Warung Sendiri

Selain itu, Stella, salah satu warga Kota Jayapura mengatakan, ia melihat ada anak-anak muda Papua yang sedang terjun ke dunia usaha. Dengan melihat itu, ia berharap agar tetap semangat dan tekun dalam menjalani usaha yang sudah dimulai dan dijalankan.

“Tanggapan saya, usaha seperti ini sangat bagus untuk dikembangkan dan dilakukan oleh anak-anak muda. Jangan pernah takut untuk memulai sesuatu yang baru, karena kalau kita tidak mencoba kita tidak akan pernah tau hasilnya akan seperti apa,” harap Stella.

Caffe & You Jayapura beralamat di sini, silahkan klik link ini 

Pewarta: SP-CR05

Editor: Arnold Belau

 

Print Friendly, PDF & Email