Anggota DPRD Baru Kab. Pegubin Ikut  Pelatihan dan Bimtek

0
52

JAYAPURA, SUARAPAPUA.com — Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang fungsi pembentukan peraturan, penganggaran dan pengawasan Angota DPRD Kabupaten Pegunungan Bintang yang baru dilantik mengikuti pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) orientasi peningkatan kapasitas anggota di Jakarta, Rabu (13/11/2019). 

Dari rilis yang diterima media ini, Denius T Uopmabin, ketua DPRD sementara Kabupaten Pegunungan Bintang mengatakan, kegiatan Bimtek sangat positif dan bermanfaat untuk pembangunan daerah nanti, juga terutama dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) anggota DPRD periode 2019-2024.

“Bagi kita anggota dewan yang baru, saya merasa baik untuk kita pahami terutama dalam mengawasi anggaran. Karena ini berjalan sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2004, pasal 160 hutuf G, PP Nomor 12 Tahun 2018, pasal 86 ayat 1 dan Permendagri 133 Tahun 2007 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota,” katanya.

Ia mengatakan, orientasi ini hak anggota DPRD di awal masa jabatan agar dapat menambah pengetahuan sebelum mengemban amanah rakyat Pegunungan Bintang.

- Iklan -

“Tentunya dapat memanfaatkan sebaik mungkin kegiatan ini supaya menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam mengemban amanah dalam menyuarakan aspirasi masyarakat, sebab anggota DPRD merupakan unsur penyelenggara pemerintahan daerah,” tutur Denius.

Selama lima tahun ke depan, kata dia, tanggung jawab yang cukup besar dalam menjalankan tugas dan aspirasi masyarakat di Pegunungan Bintang. Karena itu, pengalaman dan ilmu yang didapat sekarang harus benar-benar dipahami agar dapat diterapkan.

“Dari kegiatan ini kita anggota DPRD memahami tiga fungsi legislatif yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan,” urainya.

Denius berharap, untuk menjalankan tiga fungsi tersebut, perlu adanya kerjasama dan kekompakan dari setiap anggota dewan agar setiap aspirasi masyarakat terakomodir dan proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dapat berjalan dengan baik.

Untuk itu, ia menyampaikan terima kasih kepada seluruh wakil rakyat yang bertekad mengembangkan kerjasama yang positif demi kemajuan tanah Aplim Apom.

“Terima kasih juga kami ucapkan kepada Bupati Pegunungan Bintang bersama jajarannya yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga Tuhan memberkati kita sekalian,” ucapnya.

Sementara, Jeni Linthin, sekretaris dewan (Sekwan) kabupaten Pegunungan Bintang, menjelaskan, kegiatan orientasi ini bagian dari proses pengenalan dan pendalaman tugas-tugas anggota DPRD kabupaten Pegunungan Bintang.

“Sebuah keharusan bagi anggota DPRD agar meningkatkan kemampuan, keterampilan dan semangat untuk melaksanakan Tupoksi sesuai kewenangannya selama masa kerja,” pungkasnya.

Pewarta: Ardi Bayage
Editor: Arnold Belau

Print Friendly, PDF & Email